nusabali

Ganggu Kenyamanan, 28 Knalpot Brong Disita

  • www.nusabali.com-ganggu-kenyamanan-28-knalpot-brong-disita

TABANAN, NusaBali
Satlantas Polres Tabanan mengamankan 28 knalpot brong. Pengamanan ini dilakukan saat menggelar razia dan pengaturan lalu lintas sejak 10 Maret, tepatnya ketika tilang manual sudah dilakukan.

Penertiban ini selain untuk mencegah terjadinya kecelakaan juga memberikan rasa nyaman karena knalpot brong mengganggu kenyamanan pengguna jalan. Bahkan selama Hari Raya Idul Fitri hingga mudik, Satlantas Polres Tabanan atensi pengguna knalpot brong. Artinya bila ditemukan segera dilakukan tilang.

Kasatlantas Polres Tabanan AKP Kanisius Franata menegaskan, sejak 10 Maret tersebut sudah mengamankan 28 knalpot brong. Pemilik kendaraan knalpot ini diamankan di seputaram jalur kota dan wisata. "Total ada 28 knalpot yang kami sudah sita di Polres Tabanan," ujarnya, Minggu (16/4).

Dijelaskan knalpot brong yang diamankan ini hasil dari sejumlah kendaraan yang diamankan. Kendaraan yang diamankan ini seluruhnya milik remaja dan anak muda. "Pengguna knalpot brong akan terus kami atensi terutama saat malam takbiran Idul Fitri," tegasnya.

Sementara jelang mudik lebaran Polres Tabanan lakukan persiapan pengamanan. Ada sejumlah catatan yang dirangkum mulai dari pembangunan pos hingga memetakan daerah rawan macet dan kecelakaan.

Dari hasil rapat, ada dua lokasi yang dipetakan rawat macet dan kecelakaan. Adalah di Kecamatan Kediri tepatnya di depan Masjid Kediri, Banjar Taman Surodadi, Desa Banjar Anyar. Dan di Kecamatan Kerambitan tepatnya di Tanjakan Samsam II, Desa Samsam.

Sementara untuk pembangunan pos pengamanan, ada lima pos yang dibangun. Rinciannya, tiga pos pengamanan dan dua pos pelayanan terpadu. Untuk pos pengamanan dibangun di Depan Masjid Kediri, objek wisata Tanah Lot dan objek wisata Ulun Danau Beratan.

Sedangkan pos pelayanan terpadu akan dibangun di Patung Adipura Kecamatan Tabanan dan di Desa Selabih Kecamatan Selemadeg Barat. Lima pos ini mulai dibuat 10 April mendatang.

Sementara mengenai dua kawasan yang dipetakan rawan macet tersebut telah dilakukan sejumlah alternatif. Yakni pengalihan arus lalu lintas bila macet di dua lokasi itu sangat parah.

Ada dua alternatif pengalihan arus lalu lintas bila macet parah di jalur utama yakni pengalihan arus ke arah utara untuk kendaraan dari arah barat. Yakni menuju jalan Simpang Antosari-Pupuan tembus ke Desa Meliling Kecamatan Kerambitan dan tembus ke jalan Buruan Kecamatan Tabanan.

Sedangkan kendaraan dari arah timur dialihkan ke Simpang Penyalin Kecamatan Kerambitan, tembus ke Simpang Melililing dan tembus ke Simpang Megati Kecamatan Selemadeg Timur. "Sudah kita persiapan hal tersebut karena nanti ada 208 personel yang ditugaskan," beber AKP Kanisius Franata. *des

Komentar