nusabali

Menpora Temui Gubernur Koster di Jayasabha

Kompak Dukung World Beach Games 2023 Sesuai Amanat Konstitusi

  • www.nusabali.com-menpora-temui-gubernur-koster-di-jayasabha

DENPASAR, NusaBali
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo bersama Gubernur Bali Wayan Koster kompak memberikan nada dukungan terhadap penyelenggaraan World Beach Games 2023 di Bali dalam pertemuan di Jayasabha Denpasar, Jumat (14/4).

Dalam pertemuan ini juga dihadiri langsung oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC), Raja Sapta Oktohari.

Menpora Dito Ariotedjo menyatakan hasil pertemuan dengan Gubernur Bali telah mencapai suatu kesepakatan. Menurutnya dalam pertemuan di ‘Jumat berkah’ kemarin hasil diskusinya telah membawa keberkahan, karena Gubernur Bali mendukung ‘seribu persen’ penyelenggaraan World Beach Games 2023 dengan semangat yang sama. “Kami dari Kemenpora mendoakan acara ini berjalan dengan lancar serta membawa dampak yang besar untuk Indonesia dan khususnya Bali,” ujar Menpora Dito Ariotedjo.

Gubernur Bali Wayan Koster menegaskan World Beach Games 2023 di Bali harus sesuai amanat dan menjaga kewibawaan Konstitusi. “Sepanjang sudah ada komitmen yang menjadi kesepakatan penyelenggaraan World Beach Games 2023 di Bali sesuai konstitusi, maka saya akan mendukung penuh agar berjalan lancar dan sukses,” tegas Gubernur Koster.

Gubernur Koster kembali menegaskan agar penyelenggaraan World Beach Games berjalan sesuai amanah konstitusi. Bentuk dukungan yang dilakukan Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini mulai terlihat dari upayanya yang berhasil memediasi izin penggunaan lokasi pertandingan sepak bola pantai di Nusa Dua, Badung, sementara lokasi lain sedang dalam proses izin sehingga masih tentatif.

"Ke depan, usai Lebaran akan dimantapkan lagi persiapannya karena memang sebelumnya sudah dilakukan survei tempatnya segala macam itu, secara operasional sudah siap," ujar Koster. Kegiatan internasional seperti World Beach Games juga dikatakan baik untuk mendatangkan wisatawan, namun apabila tidak ada juga tidak begitu berpengaruh. "Kalau soal wisatawan, kami tidak terlalu mengharapkan dari kegiatan seperti ini, karena kadang ada kadang tidak. Tapi yang penting wisatawan ke Bali tetap banyak. Saya amati sekarang dalam situasi Ramadhan pun wisatawan mancanegara antara 13.000-14.000 orang per hari (datang ke Bali) dan domestik 6.000-8.000 orang," tuturnya.

Sementara Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC), Raja Sapta Oktohari menyatakan secara keseluruhan sudah memberikan laporan kepada Menpora dan Gubernur Bali terkait dengan proses Indonesia untuk menjadi tuan rumah World Beach Games yang merupakan kegiatan multi event nomor tiga terbesar di dunia.

“Bali, kita percaya menjadi tempat yang sangat siap untuk menyambut para kontingen, peserta, dan para tamu di bulan Agustus mendatang. Sehingga dalam waktu dekat, kami akan merilis official negara peserta yang akan mengikuti World Beach Games 2023 di Bali, namun sebelum itu semua negara delegasi akan hadir di Bali untuk mengadakan meeting,” ujar Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia ini. *nat, ant

Komentar