nusabali

Warga Nusa Penida Keluhkan Kembang Api dan Live Music

  • www.nusabali.com-warga-nusa-penida-keluhkan-kembang-api-dan-live-music

SEMARAPURA, NusaBali
Polres Klungkung menggelar Jumat Mesadu di balai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Jumat (14/4) pagi.

Dipimpin langsung Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta, didampingi Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta. Hadir, Perbekel Desa Lembongan Ketut Gede Arjaya bersama dengan Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Jungutbatu, Made Gede Bendesa, Kepala Dusun (Kasus) se-Desa Lembongan, Kadus Dusun se-Desa Jungutbatu, dan lainnya.

Sekdes Desa Jungutbatu Gede Bendesa menyampaikan hal-hal yang menjadi keluhan masyarakat, di antaranya bunyi kembang api, live musik yang mana kegiatan yang dilaksanakan hampir setiap hari hingga larut malam, serta knalpot hrong yang saat ini sangat mengganggu kenyamanan masyarakat. "Kira - kira apa solusi yang terbaik terkait hal itu," tanya Bendesa.

Perbekel Desa Lembongan Gede Arjaya juga bertanya yang lagi hangat dibahas oleh masyarakat terkait razia yang dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas. Pihaknya mohon kebijakan agar sebelum razia didahulukan imbauan secara berkesinambungan. "Ini merupakan kesempatan yang baik bagi masyarakat untuk menyampaikan permasalahan di wilayah Nusa Lembongan, sehingga kita bisa carikan solusi atau jalan keluar, demi terciptanya keamanan serta kenyamanan masyarakat," ujar Arjaya.

Kapolres AKBP I Nengah Sadiarta mengatakan terkait kembang api, memang menjadi hal yang sering menjadi keluhan masyarakat. Namun kembang api yang diatas 2 inci  bisa melakukan tindakan tegas, namun dibawah itu perlu kolaborasi dengan desa setempat. "Mari kita membangun sistem dalam mengatur hal tersebut seperti dituangkan dalam awig-awig. Kemudian yang berhubungan dengan musik, harusnya ada komitmen bersama terkait batas jam operasionalnya," kata Kapolres.

Jika ada masyarakat yang mengetahui terkait knalpot brong, petugas akan lakukan razia serta penertiban karena saat ini petugas masih kucing-kucingan dengan oknum anak - anak muda yang menggunakan knalpot brong tersebut.

Sementara itu, berita yang sedang viral saat ini terkait razia kendaraan merupakan respon terkait adanya berita viral warga negara asing (WNA) yang melakukan pelanggaran lalu lintas. "Kegiatan yang dilakukan oleh Polres Klungkung merupakan perintah langsung dari Bapak Kapolda Bali untuk menindak lanjuti adanya komplin dari masyarakat, maka kami akan mengutamakan memeberikan edukasi secara berkesinambungan," kata AKBP Sadiarta.

Imbauan tersebut meliputi tertib dalam berkendara seperti wajib menggunakan helm, gunakan knalpot sesuai dengan spekteknya, dan kelengkapan dokumen kendaraan.

Jumat Mesadu Quickwins Presisi Polres Klungkung ini merupakan media yang agendakan sebagai wadah masyarakat dalam menyampaikan keluh kesahnya terkait pelayanan kepolisian. "Maka dari itu mari kita bicarakan secara santai. Perlu diketahui bahwa tugas pokok kami yaitu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta penegakkan hukum," kata AKBP Sadiarta. *wan

Komentar