nusabali

Bupati Sanjaya Pimpin Sradha Bhakti Penganyar di Pura Besakih

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-pimpin-sradha-bhakti-penganyar-di-pura-besakih

TABANAN, NusaBali
Serangkaian ritual Karya Ida Bathara Turun Kabeh di Pura Penataran Agung Besakih, Karangasem, Pemkab Tabanan melaksanakan Sradha Bhakti Penganyar.

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya didampingi Rai Wahyuni Sanjaya, memimpin langsung rombongan bhakti Penganyar Pemkab Tabanan, Kamis (13/4) pagi.

Meski di tengah guyuran hujan yang cukup deras, Bupati Sanjaya beserta istri dan rombongan dengan khidmat melaksanakan persembahyangan. Turut serta hadir Wakil Bupati I Made Edi Wirawan beserta istri, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, para Asisten dan Kepala OPD dan para Camat serta ratusan staf di masing-masing OPD.

Puncak Karya Ida Bathara Turun Kabeh di Pura Penataran Agung Besakih ini digelar pada Rabu 5 April 2023 lalu, bertepatan dengan rahina Purnama Kadasa. Karya ini dilaksanakan nyejer selama 21 hari hingga bulan Mei 2023 mendatang, dimana pada Kamis (13/4), Pemkab Tabanan mendapat giliran melaksanakan Bhakti Penganyar.

Di samping merupakan wujud sradha bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang berstana di Pura Besakih, Bhakti Nganyarin ini juga sebagai salah satu upaya untuk memohon kerahayuan jagad serta meningkatkan spiritualitas diri sebagai umat beragama yang diharapkan mampu memberikan energi-energi yang positif serta memancarkan segala kebaikan kepada umat.

Nampak juga saat itu ada pementasan Tari Topeng usai persembahyangan Bupati Sanjaya beserta Istri dan rombongan, dimana persembahyangan saat itu dipuput oleh Ida Pandita Mpu dari Griya Pangkung Prabu, Tabanan. Rasa syukur pun terucap dari Bupati Sanjaya karena bisa berkumpul dalam keadaan sehat bersama jajaran guna melaksanakan Bhakti Penganyar di Pura Penataran Agung Besakih.

Sanjaya menyampaikan terima kasih sekaligus apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran atas kebersamaan yang ditunjukkan. "Kami berharap ke depannya dalam kegiatan apapun, baik itu program pembangunan Pemkab dan lainnya yang bersifat positif serta yang bersentuhan langsung dengan masyarakat agar selalu dilaksanakan atas dasar kebersamaan dan kekompakan, sehingga terwujud Tabanan Era Baru yang AUM," katanya  *des

Komentar