nusabali

Kasdan 12.0, Jurnalis dan Pegiat Event Bagikan Santunan untuk Yatim Piatu dan Dhuafa

  • www.nusabali.com-kasdan-120-jurnalis-dan-pegiat-event-bagikan-santunan-untuk-yatim-piatu-dan-dhuafa

DENPASAR, NusaBali.com – Kolaborasi jurnalis dan pegiat event di Bali kembali menggelar Kasih Ramadan (Kasdan) menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah. Kegiatan berbagi santunan dan buka puasa bersama yatim piatu dan dhuafa ini digelar di Musala Albayan TVRI Bali Jalan Tjok Agung Tresna Denpasar, Sabtu (8/4/2023).

Sebanyak 488 anak yatim, piatu, dhuafa dan 12 pendamping mendapatkan santunan dari para donatur. Sebanyak 200 anak hadir langsung di Musala Albayan. Sementara 300 santunan lainnya didistribusikan ke anak-anak di Karangasem, Klungkung, Gianyar dan Bangli. 

Ke-200 anak yang dihadirkan berasal dari Panti Asuhan As-Sakinah, Yayasan Birrul Walidain Ubung, Mushola Maslahatul Ummat Jalan Bedahulu, Anak-anak komunitas Manajemen Nasi Bungkus, Anak-anak Masjid At Taqwa Polda Bali, Yayasan Al Ikhlas Sukawati, Gianyar, Rukun Kifayah Al Huda, TPQ Sandat, serta anak-anak yatim, piatu, dhuafa di sekitar TVRI Denpasar. 

Selain santunan berupa uang, anak-anak yang hadir dalam kegiatan yang sudah masuk tahun ke-12 ini juga mendapat bingkisan paket sembako terdiri 2,5 kg beras dan 1 liter minyak goreng.

Tema Kasdan 12.0 adalah ‘Merajut dan Berjabat Tangan untuk Persabahatan yang Abadi’.  

“Alhamdulillah, dari tahun ke tahun partisipasi terus meningkat, termasuk anak-anak yang mendapatkan santunan. Kasdan tahun ini memberikan santunan kepada 488 anak yatim piatu dan dhuafa,” kata Ketua Panitia Kasdan 2023, Heri Cahya.

Acara Kasdan yang dipandu host Gadiz dan Sri Hari Murti Fairdy Tri Hatmo berlangsung sangat meriah. Games ringan terkait wawasan keislaman diberikan kepada anak-anak. 

Puluhan anak berebut untuk menjawab pertanyaan dalam games-nya. Doorprize menarik diberikan panitia, di antaranya lima buah gitar. Kemudian ada tausiyah menjelang berbuka oleh Dr Hafidz Muhsin.

Kasdan kali semakin spesial dengan launching website Kasdan yaitu kasihramadan.org. Menurut penggagas website Kasdan, Hendra W Saputro, dengan adanya website ini maka publikasi kegiatan Kasdan makin meluas dan bisa diakses oleh siapapun.  

Kasdan adalah kegiatan rutin di bulan Ramadan yang diisi dengan acara buka puasa bersama, pemberian santunan kepada anak yatim, piatu dan dhuafa. Kasdan dipelopori oleh kalangan jurnalis dan pekerja event di Bali, seperti Keluarga Jurnalis Bali (KJB), JPPro Bali dan BOC Indonesia.  

Dalam perkembangannya, Kasdan menarik sejumlah pihak untuk terlibat baik dalam pelaksanaan maupun berdonasi.

“Terima kasih kepada para donatur yang telah berpartisipasi pada Kasdan tahun ini. Juga terimakasih kepada para jurnalis dan pekerja event serta pengusaha transportasi yang sudah terlibat dalam kegiatan Kasdan,” pungkas Heri Cahya.

Komentar