nusabali

Ratusan Kreator Ramaikan Peliatan Ogoh-ogoh Mini Festival 2023

  • www.nusabali.com-ratusan-kreator-ramaikan-peliatan-ogoh-ogoh-mini-festival-2023

GIANYAR, NusaBali
Ratusan kreator seni se-Bali meramaikan Peliatan Ogoh-ogoh Mini Festival 2023 di Ancaksaji Puri Agung Peliatan, Kecamatan Ubud, Gianyar, Minggu (9/4) sore.

Kategori ogoh-ogoh yang diperlombakan yaitu ogoh-ogoh mini remaja non mesin, ogoh-ogoh mini non mesin, ogoh-ogoh mini mesin, tapel ogoh-ogoh, dan sketsa ogoh-ogoh. Festival dihadiri Panglingsir Puri Agung Peliatan Cokorda Gde Putra Nindya didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setda Gianyar Ketut Mudana, dan Prajuru Desa Adat Peliatan.

Bupati Gianyar dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ketut Mudana mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Yowana Puri Agung Peliatan ini mencerminkan wadah kreatifitas yang sangat luar biasa bagi generasi muda. Festival ogoh-ogoh mini di Gianyar masih jarang. Namun, generasi muda dari berbagai wilayah di Bali datang ke Gianyar, tepatnya ke Desa Peliatan untuk mengikuti festival ogoh-ogoh dengan sangat antusias.

“Kegiatan yang terlaksana ini sangat menjembatani kreator muda di bidang ogoh-ogoh untuk menampilkan karyanya,” jelas Ketut Mudana.

Ketut Mudana berharap dengan terlaksananya festival ogoh-ogoh mini yang kedua ini bisa terus melahirkan generasi muda yang kreatif, khususnya kategori ogoh-ogoh mini. Harapannya, acara bisa terlaksana setiap tahun.

Ketua Panitia Cokorda Gde Krisparinama menuturkan, kegiatan ini sebagai salah satu wadah kreator seni khususnya di bidang ogoh-ogoh mini maupun sketsa ogoh-ogoh untuk membangkitkan minat generasi muda untuk terus berkarya. “Ini merupakan kebulatan tekad dari pemuda yowana Puri Agung Peliatan untuk menyelenggarakan festival setiap tahunnya," ujar Cokorda Krisparinama.

Cokorda Krisparinama juga mengungkapkan peserta yang mengikuti festival ini berjumlah 110. Kategori ogoh-ogoh mini remaja non mesin sebanyak 29 peserta, ogoh-ogoh mini non mesin 28 peserta, ogoh-ogoh mini mesin dengan 7 peserta, tapel ogoh-ogoh 20 peserta, dan sketsa ogoh-ogoh dengan 26 peserta. Pada tanggal 8 April lalu, juga terselenggara lomba menggambar tingkat sekolah dasar dengan peserta sebanyak 39 orang. “Saya berharap dengan semakin meningkatnya jumlah peserta dari tahun kemarin, menandakan minat peserta semakin meningkat untuk melahirkan karya semaksimal mungkin,” ungkap Cokorda Krisparinama. *nvi

Komentar