nusabali

Pemprov Gelar Lomba pada Bulan Bung Karno, Siapkan Hadiah Rp 133,50 Juta

  • www.nusabali.com-pemprov-gelar-lomba-pada-bulan-bung-karno-siapkan-hadiah-rp-13350-juta

DENPASAR, NusaBali
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali kembali akan menggelar berbagai lomba dalam kegiatan Bulan Bung Karno V, pada Juni mendatang.

Pemprov Bali siapkan hadiah Rp 133,50 Juta. Tahun lalu berbagai lomba dalam Bulan Bung Karno mengangkat tema budaya dan lingkungan dengan total hadiah uang tunai Rp 67,50 juta. Nah, tahun ini lebih banyak mengangkat isu kelautan dengan tajuk 'Mahajnana Segara Kerthi-Pemuliaan Laut, Pendalaman Ajaran Bung Karno'.

Kepala Kesbangpol Provinsi Bali I Gusti Ngurah Wiryanata menyampaikan lomba pada Bulan Bung Karno ini, akan menyasar para generasi muda Bali yang belakangan getol dengan dunia digital. Namun demikian lomba juga tidak menutup diikuti seluruh kalangan masyarakat mulai siswa SMA/SMK/sederajat, mahasiswa, UMKM/IKM, unsur akademisi, guru, ASN Pemprov Bali, MDA se-Bali, Bendesa Adat se-Bali, perbekel/lurah se-Bali, tokoh masyarakat, FPK, FKUB, OKP, Ormas dan masyarakat umum lainnya. “Anak muda sekarang lebih suka digital dan membuat konten-konten video. Karena itu format lomba pidato juga kita buat dalam bentuk video,” ujar Wiryanata, dikonfirmasi NusaBali, Selasa (4/4).

Wiryanata mengungkapkan, ada tiga mata lomba pada Bulan Bung Karno V, yakni  Lomba Pidato dengan sub tema 'Daulat Politik Bahari', Lomba Film Cerita dengan sub tema 'Berdikari Ekonomi Pesisir: Garam dan Ulam Bali, dan Lomba Film Dokumenter dengan sub tema 'Peradaban Maritim Bali: Sampah Pesisir Laut.

Adapun dewan juri yang menilai nantinya terdiri dari para pakar dan seniman di Bali yang sudah dikenal luas kompetensinya selama ini. "Kita sudah pilih orang-orang yang memang menguasai bidang ini," kata Wiryanata.

Terkait hadiah uang tunai Wiryanata mengungkapkan jumlahnya akan sama pada masing-masing jenis lomba. Pemenang 1 akan mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 15.000.000, Pemenang 2 mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 12.000.000, pemenang 3 mendapat piagam dan uang tunai Rp 7.500.000.

Sementara itu pemenang favorit 1 mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 4.500.000, pemenang favorit 2 mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 3.500.000, pemenang favorit 3 mendapatkan piagam dan uang tunai Rp 2.500.000.

Khusus para pemenang favorit ini pemenangnya akan ditentukan warganet. Nantinya video-video yang dikirimkan para peserta di masing-masing jenis lomba akan di-upload di beberapa media sosial milik Badan Kesbangpol Bali (Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok), untuk kemudian dinilai warganet dengan melakukan like dan share. "Nanti kita upload di media sosial dan indikator penilaian like dan share," jelas Wiryanata seraya menyebutkan, masyarakat yang tertarik mengikuti lomba dapat melihat persyaratan lebih lengkap pada website https://bulanbungkarno.baliprov.go.id. *cr78

Komentar