nusabali

Bupati Bagikan Gambar Bung Karno ke Seluruh Sekolah

  • www.nusabali.com-bupati-bagikan-gambar-bung-karno-ke-seluruh-sekolah

Seluruh sekolah mulai SD dan SMP di Buleleng, mulai diwajibkan punya gambar (poster) Presiden dan Wakil Presiden pertama RI, Sukarno dan Hatta.

Bangkitkan Nasionalisme Sejak Dini

SINGARAJA, NusaBali
Langkah ini sebagai pendidikan karakter nasionalis sejak usia dini dengan sasaran para siswa. Kali ini gambar kedua tokoh bangsa itu dibagikan secara simbolis kepada sekolah-sekolah oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, saat menghadiri acara sosialisasi Pendidikan Karakter dalam bulan bakti Bung Karno dan lahirnya Pancasila, yang dipusatkan di Aula SMPN 1 Singaraja, Jalan Gajah Mada Singaraja, Kamis (8/6) pagi. 

Acaranya sendiri diselenggarakan oleh DPC PDIP Buleleng, dihadiri sejumlah pengurus DPC dengan Ketua Panitia dr Ketut Putra Sedana.

Poster bergambar Ir Soekarno selaku, founding father bangsa Indonesia dalam bingkai juga berisikan pesan-pesan nasionalisme, diterima oleh sejumlah perwakilan Kepala Sekolah dan UPP Kecamatan di Kabupaten Buleleng.

Bupati selaku Ketua DPC PDIP Buleleng, Agus Suradnyana mengatakan, kegiatan yang dilakukan memanfaatkan momentum hari kelahiran Pancasila dan juga hari kelahiran Bung Karno, dimana banyak pesan-pesan moral dan pembentukan karakter berbasis pancasila selalu disampaikan Presiden RI Pertama tersebut.

Sementara Kepala SMP Negeri 1 Singaraja, Ni Putu Karnadhi mengakui banyak hal yang harus bisa dipahami dari sosok pendiri bangsa Indonesia tersebut, terlebih lagi SMP Negeri 1 Singaraja sebagai ‘sekolah penguatan pendidikan karakter’ tentunya akan memberikan dampak positif bagi anak didik dengan berbagai pesan moral dan nasionalis yang disampaikan melalui poster tersebut.

Menurut rencana, setelah penyerahan secara simbolis poster Bung Karno dibagikan, seluruh sekolah pada tingkat SD dan SMP di Kabupaten Buleleng juga akan mendapatkan poster bergambar Bung Karno yang berisikan pesan-pesan tersebut, selain itu kegiatan pembagian poster Bung Karno juga dirangkaikan dengan pencanangan pekan pancasila yang dilakukan Pemerintah Pusat yang mengusung tema ‘Saya Indonesia, Saya Pancasila.’ *k19

Komentar