nusabali

45 Peserta Lulus Pelatihan SAR

  • www.nusabali.com-45-peserta-lulus-pelatihan-sar

SEMARAPURA, NusaBali - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, menutup pelatihan potensi pencarian dan pertolongan medan ketinggian di tebing.

Pelatihan dan penutupan dilaksanakan di Banjar Tulad, Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Sabtu (1/4) siang. Pelatihan sejak 27 Maret 2023 dengan peserta sebanyak 50 orang. Sebanyak 45 peserta dinyatakan lulus dan bisa mengikutu uji kompetensi. 

Darmada mengatakan, jumlah personel Basarnas Bali saat ini belum memadai untuk memberikan pertolongan yang mencakup seluruh wilayah Bali. Salah satu upaya Basarnas memaksimalkan pelayanan dengan meningkatkan SDM potensi SAR dan memberikan pelatihan SAR. Latihan diikuti 50 orang dari organisasi masyarakat, TNI, Polri, BPBD, dan warga setempat. Pelatihan SAR di ketinggian ini dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan potensi SAR di bidang High Angle Rescue Teknique (HART). Peserta dapat mengaplikasikannya saat terjadi operasi pencarian dan pertolongan, khususnya di Pulau Nusa Penida.

Menurut Darmada, dari 50 orang peserta yang mengikuti pelatihan, hanya 45 orang lulus dan bisa mengikuti uji kompetensi. Sebanyak 5 peserta lainnya belum bisa mengikuti uji kompetensi. “Yang sudah lulus saya harapkan tidak cepat berpuas diri, terus tingkatkan kemampuan dan jangan berhenti berlatih,” pinta Darmada, Minggu (2/4). Kasi Sumber Daya Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Moch Adip menjelaskan, selama enam hari peserta diberikan metode pembelajaran meliputi teori di kelas, demonstrasi, diskusi, dan praktik lapangan.
 
Peserta yang mampu menyelesaikan 72 jam pelajaran dinyatakan lulus dan dapat mengikuti uji kompetensi. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengucapkan terima kasih kepada Basarnas Bali yang telah melaksanakan kegiatan ini. “Ketika kunjungan mulai ramai, kami tidak cukup hanya bicara tentang jalan, listrik, dan air minum. Penting juga kenyamanan dan keselamatan wisatawan,” ujar Bupati Suwirta. 7 wan

Komentar