nusabali

Presiden Minta Timnas U-20 Tak Patah Semangat

  • www.nusabali.com-presiden-minta-timnas-u-20-tak-patah-semangat

Presiden Jokowi menyebut Timnas U-20 masih punya banyak kesempatan, dari SEA Games hingga Olimpiade. Saat curhat, pemain Timnas U-20 menyatakan ingin jadi TNI, Polri, hingga ASN. 

JAKARTA, NusaBali 
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta para pemain muda Tim Nasional U-20 Indonesia agar tidak patah semangat karena masih banyak kesempatan untuk berlaga di kejuaraan internasional lainnya seperti SEA Games, Asian Games, AFF atau Olimpiade.

“U-20 ini karena masih muda masih memiliki kesempatan. Bisa main di SEA Games, bisa main di Asian Games, bisa main di AFF, masih bisa main di Olimpiade 2024, saya kira kesempatan itu masih panjang,” kata Jokowi pada konferensi pers setelah bertemu dengan para pemain Timnas U-20 di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (1/4/2023).

Kedatangan Jokowi ke Kawasan GBK, Jakarta, pada Sabtu sore kemarin untuk memberikan semangat kepada para pemain muda Timnas U-20 Indonesia setelah Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pencabutan status itu membuat Indonesia tak berhak tampil di Piala Dunia U-20 karena gagal memperoleh tiket via jalur kualifikasi reguler setelah tak mampu mencapai empat besar Piala Asia U-20 Tahun 2023.

“Hari ini saya hadir di Gelora Bung Karno untuk memberikan semangat kepada tim U-20, untuk agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan,” kata Jokowi.

Jokowi menyampaikan kepada para pemain Timnas U-20 bahwa pemerintah ingin memiliki tim nasional yang dibangun dan dibina sejak awal sehingga tim tersebut memiliki kesiapan dan kualitas yang baik.

Dia menekankan bahwa kesempatan untuk para pemain Timnas U-20 masih banyak. “Saya sampaikan kepada mereka jangan patah semangat,” kata dia.

Presiden Jokowi juga sempat mendengarkan curahan hati para pemain Timnas U-20 Indonesia setelah batal berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

“Saya menanyakan kepada para pemain apakah ada hal yang bisa saya dengar mengenai keinginan-keinginan,” kata Jokowi saat konferensi pers.

Jokowi menjelaskan beberapa pemain menyampaikan ingin kuliah, kemudian ingin ada yang menjadi anggota Polri dan TNI. Sementara beberapa pemain lainnya ingin menjadi aparatur sipil negara (ASN). 


Jokowi dan pelatih Tim Nasional Sepakbola Indonesia Shin Tae Yong juga berdiskusi mengenai kemampuan dan fisik pemain U-20 serta tahapan pembinaan selanjutnya.

“Coach Shin Tae Yong menyampaikan memang masih ada titik-titik lemah yang perlu diperbaiki, terutama di sisi fisik dan sedikit di sisi skill,” kata Jokowi.

Meski masih terdapat kelemahan, kata Jokowi, sudah terdapat perbaikan yang sangat mendasar mengenai kemampuan sepakbola para pemain. Karena itu, pelatih Shin menyampaikan bahwa para pemain siap berkompetisi.

“Ada sebuah perbaikan yang sangat mendasar di sisi skill sehingga persiapan mereka untuk masuk di sebuah kompetisi itu, coach Shin menyampaikan sangat siap,” kata dia.

Setelah berdiskusi dengan Shin, Jokowi kemudian menemui para pemain Timnas U-20. Jokowi memotivasi para pemain agar tak patah semangat meskipun batal berlaga di Piala Dunia U-20.

Sementara Shin Tae-Yong menyebut bahwa skuad asuhannya akan dibubarkan menyusul batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Setelah ini akan dibubarkan ya pemain, tim yang dipersiapkan (untuk) Piala Dunia U-20 kemarin. Pak Presiden tadi bicara, beliau selalu menonton pertandingan-pertandingan timnas, dan melihat perkembangan yang baik. Tetapi sangat disayangkan karena Piala Dunia tidak bisa digelar, dan (kita) tidak bisa ikut,” kata pelatih Shin setelah memimpin latihan tim di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu kemarin.

Shin dikontrak sejak akhir 2019 sampai Desember 2023. Meski belum pernah membawa timnas Indonesia di berbagai kelompok umur untuk memenangi trofi apapun, namun pelatih Shin dinilai telah memberikan banyak perubahan positif kepada timnas, serta mampu mendongkrak posisi Indonesia dalam daftar peringkat FIFA.

Kini kontrak pelatih Shin tinggal menyisakan beberapa bulan lagi. Namun dia menyatakan belum melakukan komunikasi dengan PSSI terkait perpanjangan kontrak.


“Memang akan lanjut terus sampai akhir tahun ini ya. Karena memang kontraknya seperti itu. Dan mungkin sekarang-sekarang ini harus bertemu dengan Pak Erick (Thohir) untuk membicarakan masa depan saya,” kata mantan pelatih timnas Korsel itu.

Pelatih Shin merupakan sosok yang mendorong penggunaan pemain naturalisasi agar dapat mendongkrak prestasi tim Garuda. Terkini, Indonesia sedang melakukan naturalisasi untuk dapat merekrut tiga pemain muda asal Belanda yakni Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivan Jenner. Ketiga pemain itu diproyeksikan untuk memperkuat Indonesia pada Piala Dunia U-20 yang urung digelar di tanah air.

Meski demikian, pelatih Shin menyatakan belum mengetahui seperti apa masa depan ketiga pemain naturalisasi tersebut, setelah Piala Dunia U-20 tidak jadi dimainkan.

“Jujur saja belum ada laporan apa-apa tentang pemain naturalisasi seperti apa. Tetapi saya berharap ketiga pemain ini tetap jadi Warga Negara Indonesia untuk memperkuat skuad Timnas Indonesia,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, FIFA memutuskan mencoret Indonesia dari status tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2023 pada Rabu (29/3/2023) malam karena alasan ‘kondisi terkini’ di Indonesia.

Sebelum FIFA mengambil keputusan itu, di Tanah Air muncul gelombang penolakan dari berbagai pihak, termasuk sejumlah kepala daerah, terhadap kedatangan Timnas Israel untuk berlaga di Piala Dunia U-20 Tahun 2023.

Presiden Jokowi telah memerintahkan Erick Thohir untuk bernegosiasi kembali dengan FIFA agar Indonesia tidak diberi sanksi setelah pencabutan status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Jokowi juga meminta Erick Thohir untuk segera menyelesaikan cetak biru transformasi sepakbola nasional dan menyampaikan kepada FIFA sebagai komitmen keseriusan membenahi sepakbola nasional.

“Berkomunikasi terus dengan FIFA, baik dengan presiden FIFA maupun dengan council agar kita tidak diberikan sanksi oleh FIFA, dan mungkin dalam bulan-bulan ini saya harapkan nanti Ketua Umum PSSI Erick Thohir bisa terbang lagi ke Zurich untuk menyampaikan hal yang tadi saya sampaikan,” kata Jokowi. 7 ant

Komentar