nusabali

Puluhan Pramuka Penggalang Ikuti Lomba LT-IV Kwarda Bali

  • www.nusabali.com-puluhan-pramuka-penggalang-ikuti-lomba-lt-iv-kwarda-bali

DENPASAR, NusaBali - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Bali menyelenggarakan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Empat (LT-IV) di Bumi Perkemahan Pramuka I Gusti Ngurah Rai, Marga, Tabanan, pada 30 Maret – 2 April 2023.

Kegiatan yang diikuti puluhan anggota Pramuka Penggalang untuk menentukan duta terbaik yang akan mewakili Kwarda Bali dalam Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima Tahun 2023 (LT-V 2023). 

“Dalam ajang LT-IV ini, adik-adik Pramuka Penggalang dari seluruh Kwartir Cabang di Bali akan diberikan tambahan wawasan tentang coding dan robotic serta Scout Goes Solar dan bijak bermedia sosial yang sejalan dengan tagline Kwarda Bali Goes to 4.0,” kata Ketua Kwarda Bali Made Rentin dalam sambutannya. 

Dia menjelaskan, LT-IV ini juga digunakan sebagai ajang untuk mengevaluasi kompetensi anggota Pramuka Penggalang selama dibina di Gudepnya masing-masing, serta untuk tetap mengeratkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan antarsesama Pramuka di Bali.

Peserta LT-IV merupakan regu-regu berprestasi tinggi baik putra dan putri yang merupakan utusan setiap Kwartir Cabang melalui pelaksanaan LT-III. 

Disampaikan, setiap regu merupakan regu utuh dari jenjang LT-I, LT-II, dan LT-III yang berjumlah 6-8 orang. Untuk menjadi pemenang LT-IV yang akan mewakili Kwarda Gerakan Pramuka Bali ke ajang LT-V di tingkat nasional, anggota Pramuka Penggalang dari setiap Kwarcab akan menyelesaikan 20 jenis kategori perlombaan, baik lomba individu ataupun berkelompok yang dikemas dalam 3 jenis kegiatan, yaitu kegiatan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, kegiatan bidang keterampilan kepramukaan dan bela negara, serta kegiatan bidang keterampilan hidup dan manajerial. 


Di samping itu, anggota Pramuka Penggalang juga tetap dibiasakan untuk mengamalkan Kode Kehormatan Pramuka dan melestarikan budaya melalui kegiatan festival budaya berupa pentas seni dan karnaval.

Gubernur Bali Wayan Koster selaku Ketua Mabida (Majelis Pembimbing Daerah) Gerakan Pramuka Provinsi Bali dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Provinsi Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa mengutip pernyataan Bapak Pramuka Dunia Baden Powell, bahwa kepramukaan adalah suatu persahabatan atau persaudaraan yang menyenangkan. 

“Begitu pula halnya dengan Lomba Tingkat Regu Penggalang IV Bali Tahun 2023 yang diselenggarakan ini, yang selain untuk meningkatkan kecakapan dan keterampilan serta rasa tanggung jawab, juga menjadi momentum dalam meningkatkan rasa persaudaraan,” ujar Gubernur Koster. 

Gubernur Koster mengatakan, gerakan Pramuka selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda dan peningkatan kecakapan hidup kaum muda yang sangat penting untuk menghadapi tantangan di masa depan. 7 cr78

Komentar