nusabali

9 Bus Mudik Gratis Rute Bali – Banyuwangi

  • www.nusabali.com-9-bus-mudik-gratis-rute-bali-banyuwangi

Pemkab Banyuwangi menyiapkan 9 bus untuk mengangkut orang dan 2 truk mengangkut motor. Mudik gratis rute Bali–Banyuwangi rencananya digelar 19 April 2023.

DENPASAR, NusaBali
Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali menyampaikan laporan penyelenggaraan mudik gratis yang disiapkan oleh Pemkab Banyuwangi melalui paguyuban Ikawangi untuk rute Bali–Banyuwangi pada libur Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Tahun ini rencana dari Pemkab Banyuwangi menyediakan mudik gratis. Informasi yang saya terima sementara disediakan sembilan bus untuk mengangkut orang dan dua truk mengangkut motor, kemarin komunikasinya tanggal 19 April 2023 mau diadakan dengan tujuan ke Banyuwangi,” kata Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Bali Nyoman Sunarya, di Denpasar, Jumat (31/3/2023).

Sunarya mengatakan kerja sama dengan Pemkab Banyuwangi terkait mudik gratis sudah terlaksana juga di tahun sebelumnya, di mana umumnya titik keberangkatan akan difokuskan dari sisi Timur Lapangan Puputan Margarana, kawasan Niti Mandala, Denpasar.

Untuk muatan, dalam satu bus besar diperkirakan dapat menampung 45 orang, sehingga sekitar 405 orang pemudik dari Pulau Dewata dapat diangkut.
Terkait pengajuan lainnya, Sunarya mengatakan masih belum ada, namun umumnya pemerintah kabupaten/kota dan perusahaan swasta kerap mengadakan, kemudian laporannya masuk selambat-lambatnya satu pekan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Sunarya mengakui bahwa minat masyarakat Bali untuk mudik Lebaran tahun 2023 akan melonjak jika dibandingkan tahun sebelumnya, lantaran saat ini tak ada lagi pembatasan.

Sementara itu, Dishub Bali tetap melakukan antisipasi terhadap angkutan-angkutan mudik seperti dengan proses ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan yang telah dilaksanakan secara berkala sejak Februari 2023 lalu.

“Kami menyiapkan posko untuk menghimpun data harian ketika keluar-masuk Bali, kemudian melakukan pengawasan untuk angkutan logistik karena harus dijamin, kemudian akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk kelancaran dan penebalan anggota,” ujar Sunarya.

Arus mudik dari Bali diprediksi akan memasuki puncaknya mulai 19 April 2023, khususnya untuk pemudik yang akan berangkat ke kawasan luar Jawa Timur. Sementara untuk yang berangkat secara pribadi ke sejumlah daerah di Jawa Timur diperkirakan akan membeludak pada 1-2 hari sebelum Lebaran. Sunarya mengatakan untuk mudik telah disiapkan pos pelayanan, pos pantau, dan pos terpadu, sementara yang tak kalah penting adalah potensi di objek wisata saat libur panjang.

“Misalnya (kemacetan) di Bali wilayah Selatan, termasuk Kuta dan sekitarnya, juga Ubud dan Bedugul. Jadi masyarakat Bali sendiri kan libur, pasti akan berwisata ditambah lagi masyarakat yang memang berniat ke Bali untuk berwisata,” kata dia. 7 ant

Komentar