nusabali

Peringatan HUT ke-419 Kota Singaraja, Momentum Mendorong Ekonomi Kerakyatan

  • www.nusabali.com-peringatan-hut-ke-419-kota-singaraja-momentum-mendorong-ekonomi-kerakyatan

SINGARAJA, NusaBali
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-419 Kota Singaraja menjadi momentum bangkitnya sektor sosial dan ekonomi masyarakat setelah hampir tiga tahun terkena dampak Pandemi Covid-19.

Potensi pertanian dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) digenjot untuk mewujudkan Buleleng yang Kuat, Unggul, Adaptif dan Tangguh. Puncak peringatan diisi dengan sejumlah kegiatan, mulai dari upacara bendera, ziarah makam pahlawan hingga pesta rakyat di malam hari. Usai memimpin apel bendera, Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengajak seluruh masyarakat Buleleng untuk tidak melihat perbedaan apapun. Masyarakat diajak bersatu-padu membangun Buleleng.

“Mudah-mudahan ke depan Buleleng relatif lebih maju. Kami hanya menyiapkan landasan, jalan yang licin. Siapapun pemimpinnya landingnya semoga lebih cepat,” ungkap Lihadnyana.

Menurut Lihadnyana momen kebangkitan Buleleng dibuktikan dengan fasilitasi pelaku UMKM yang sudah terkurasi untuk tampil pada Malam Semarak Buleleng Bangkit (pesta rakyat). Sebanyak 40 UMKM diberikan tempat tanpa dipungut biaya untuk mempromosikan produknya kepada masyarakat.

“Per Rabu 29 Maret kemarin data yang kami dapatkan, UMKM yang berjualan di Bhuana Patra perputaran ekonominya sudah Rp 250 juta,” kata Lihadnyana. Pemerintah menurutnya segera akan membuat kebijakan untuk lebih mengedepankan ekonomi kerakyatan. Salah satunya dengan mendorong UMKM dan Pertanian lebih berdaya saing dan mengikuti digitalisasi. Pemerintah Kabupaten Buleleng akan terus mewadahi pelaku UMKM dan petani sehingga ekonomi kerakyatan Buleleng bisa senantiasa tumbuh dan berkembang.

“Masyarakat harus tetap optimis dan bangga menjadi warga Buleleng, kalau sudah bangga mari kita bersama-sama membangun Buleleng. Sedikit saja kita ajak maka mereka akan selalu bergerak, bergerak, dan bergerak,” kata Lihadnyana yang juga masih menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM) Bali ini.

Sementara itu pada apel peringatan HUT ke-419 Kota Singaraja juga diserahkan pin Satya Lencana kepada sejumlah ASN di lingkup Pemkab Buleleng. Selain penyerahan hadiah berbagai macam lomba yang diselenggarakan serangkaian HUT Kota ke-419 Kota Singaraja. *k23

Komentar