nusabali

Siswa SMA PGRI Amlapura Lolos FK Unud Jalur Prestasi

  • www.nusabali.com-siswa-sma-pgri-amlapura-lolos-fk-unud-jalur-prestasi

AMLAPURA, NusaBali
Salah seorang siswa SMA PGRI 1 Amlapura, Ni Putu Nia, kelas XII IPA lolos ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) Fakultas Kedokteran, Unud, Denpasar, melalui jalur SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi).

Prestasi ini mengungguli siswa dari SMA negeri. Sebagamana diketahui, siswa sekolah favorit, SMAN 2 Amlapura, belum mampu tembus FK Unud, Program Kedokteran Umum, dari 57 siswa yang lulus SNBP.

“Ya, kualitas siswa di sekolah swasta, tidak kalah dengan siswa SMA negeri. Walau jumlah siswa di SMA swasta sedikit,” jelas Kasek SMA PGRI 1 Amlapura I Ketut Jelantik, di sela-sela menerima siswa yang lulus SNBP di ruang kerjanya, Jalan Sudirman Amlapura, Kamis (30/3).

Ketut Jelantik menilai untuk menembus FK Unud Program Kedokteran Umum, bukan hal mudah. Pelamar program ini sekitar 2.500 siswa, yang memenuhi syarat 78 siswa, termasuk dari SMA PGRI 1 Amlapura.

Dari SMA PGRI 1 Amlapura, siswa melamar melalui SNBP, 26 siswa dari 133 siswa kelas XII. Siswa lulus jalur SNBP 19 siswa, atau 73,07 persen dari jumlah siswa yang melamar. “Walau siswa kami jumlahnya sedikit tetapi berkualitas, dan berbakat bidang akademis,” katanya.

Dari 19 sisa yang lulus SNBP, 12 siswa dari jurusan IPA, 5 siswa dari jurusan IPS dan 2 dari bahasa. Dari 12 siswa jurusan IPA diterima, di Unud di antaranya di Fakultas Teknik, Fakultas Informatika, Fakultas Hukum, sebagian di Undiksha Singaraja. Bahkan siswi kelas XII IPA atas nama Ni Komang Noviani, lulus di dua perguruan tinggi negeri, yakni Poltekes Negeri Bali dan FK Undiksha Singaraja, Program S-1 Kebidanan. “Saya masih mikir, perguruan tinggi mana yang saya masuki,” jelas alumnus SMPN 3 Abang tersebut.

Berbeda dengan siswi Ni Putu Nia sejak awal cita-citanya jadi dokter, ternyata lulus di FK Unud. “Cita-cita saya jadi dokter. Semoga selama kuliah lancar-lancar," jelas alumnus SMPN 3 Amlapura, asal Banjar Merajan, Desa Seraya Barat, Kecamatan Karangasem.Bahkan SMAN 2 Amlapura yang merupakan sekolah favorit menurut Kasek I Wayan Puja Astawa, tidak ada siswa yang lulus di FK Unud. “Ya, tidak ada lulus FK Unud, dari 57 siswa yang lulus SNBP,” kata Puja Astawa.

Beda dengan di SMAN 1 Amlapura menurut Kasek I Ketut Marta Ariana, dari 71 sisa yang lulus SNBP, meluluskan 3 siswa di FK Unud, program kedokteran umum. *k16

Komentar