nusabali

Sasar Siswa SD, Dinas Perikanan Rancang Mina Eduwisata

  • www.nusabali.com-sasar-siswa-sd-dinas-perikanan-rancang-mina-eduwisata

TABANAN, NusaBali
Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan merancang program Mina Eduwisata. Program ini akan menyasar siswa SD sebagai upaya untuk meningkatkan konsumsi gemar makan ikan.

Dan yang paling penting untuk menurunkan angka stunting di Tabanan. Adapun lokasi yang disediakan untuk program Mina Eduwisata adalah di Balai Benih Ikan (BBI) Unit Bolangan yang berada di Desa Babahan, Kecamatan Penebel. Di BBI Unit Bolangan ini luasnya sekitar 1,215 hektare. Dari luasan itu dibangun kolam sebanyak 15 petakan. Per petak ikan yang bisa ditampung mencapai 1.000 ekor berbagai jenis. Mulai dari ikan nila, lele, dan karper.

Nantinya, dalam program tersebut para siswa sekolah selain diajak berwisata ke BBI Bolangan, mereka (siswa) juga akan diperkenalkan berbagai jenis ikan hingga manfaat mengkonsumsi ikan.

Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan Ir I Kade Artina mengatakan program ini rencananya mulai diterapkan April 2023. Saat ini Dinas Perikanan tengah persiapan memantapkan program perdana ini. "Siswa SD yang kami sasar nanti masih fokus berada di sekitar BBI," terangnya, Kamis (30/3).

Ditegaskan, tujuan pengembangan program Mina Eduwisata tersebut untuk meningkatkan produksi dan budi daya perikanan darat, sebagai upaya pelestarian lingkungan. Selain itu yang paling penting untuk memberikan edukasi siswa sejak dini terhadap beragam jenis ikan. "Harapannya, program edukasi siswa ini juga akan berdampak pada penanganan stunting di Kabupaten Tabanan melalui meningkatnya tingkat konsumsi ikan," katanya.

Dengan kondisi tersebut Dinas Perikanan menarget 85 persen siswa di sekitaran BBI terjangkau program Mina Eduwisata  Apalagi dalam persiapannya telah mendata sebanyak 121 siswa SD yang siap ikuti program Mina Eduwisata. "Program ini juga akan menjangkau siswa diluar BBI namun kami lakukan secara bertahap," tegas Artina.

Sementara data tiga tahun terakhir tingkat angka konsumsi ikan di Kabupaten Tabanan mengalami peningkatan. Pada tahun 2020 tingkat konsumsi ikan masyarakat mencapai 31,49 per kapita per tahun, pada tahun 2021 mengalami peningkatan menjadi 31,67 per kapita per tahun, dan di tahun 2022 kembali naik menjadi 31,83 per kapita per tahun. Targetnya, hingga 2026 nanti angka konsumsi ikan di Kabupaten Tabanan ini terus naik hingga mencapai 35,50 kg per kapita per tahun. *des

Komentar