nusabali

Elemen Pariwisata Berharap World Beach Games 2023 di Bali Sesuai Jadwal

  • www.nusabali.com-elemen-pariwisata-berharap-world-beach-games-2023-di-bali-sesuai-jadwal

DENPASAR, NusaBali.com – Pasca batalnya Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20, pelaku pariwisata di Pulau Dewata berharap event sport tourism tetap menjadi daya tarik di Pulau Dewata.

Harapan ini diungkapkan oleh Ni Nyoman Wilis Rumsini, praktisi pariwisata yang bergerak di bidang akomodasi di Kuta, Kabupaten Badung, Jumat (31/3/2023).

“Keputusan FIFA yang mencoret Indonesia sebagai venue Piala Dunia U-20 patut disesali, tapi hal ini sudah terjadi dan kita harus terus menatap ke depan merancang berbagai event internasional di Bali,” kata Wilis yang sudah tiga dekade menggeluti dunia pariwisata ini.

Even MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition), kata Wilis, menjadi harapan bagi para pelaku pariwisata di Bali untuk mendongkrak kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara, pasca dua tahun lebih dihantam pandemi Covid-19.

Adapun even internasional terdekat adalah World Beach Games pada 5-12 Agustus 2023. “Semoga event sport tourism ini bisa berjalan sesuai rencana,” harap Wilis yang juga Wakil Ketua Partai Hanura Provinsi Bali ini.

Di balik itu Wilis mengaku ketar-ketir terkait pelaksanaan even internasional yang akan digelar di Bali Selatan ini. Pasalnya berdasarkan data Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC), Israel termasuk ke dalam 36 NOC yang lolos ke World Beach Games 2023 di Bali.

Menurut rilis ANOC, wakil Israel yang akan tampil di World Beach Games 2023 adalah kategori putri untuk event renang perairan terbuka.

Berdasar rilis ANOC,  perenang putri yang lolos kualifikasi adalah NOC Brasil, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, Australia, Belanda, Jepang, Amerika Serikat, Hongaria, Hong Kong, China, Israel, Afrika Selatan, Republik Ceko, Turki, Republik Rakyat Tiongkok, Kanada, Republik Korea, Peru, Selandia Baru, Seychelles, dan Slovenia.

“Saya berharap tidak seperti sepakbola yang batal, namun bisa mengikuti jejak penampilan atlet-atlet Israel di Indonesia yang berlaga di cabang olahraga balap sepeda, panjat tebing dan lain-lainnya,” tutur Wilis.

Ia pun berharap dengan suksesnya World Beach Games 2023 di Bali akan mengembalikan Pulau Dewata sebagai pilihan destinasi sport tourism dunia.  “Karena setelah lebih dua tahun berdarah-darah akibat pandemi, kami ingin segera kembali sebagaimana sebelum pandemi sehingga roda perputaran ekonomi kembali melesat,” pungkas Wilis Rumsini. 

Pada Oktober 2021 lalu, Majelis Umum ANOC menetapkan Bali sebagai tuan rumah World Beach Games 2023 yang digelar 5-12 Agustus 2023. Event ini kemudian akan dilanjutkan dengan Sidang Umum ANOC XXVII pada 13-15 Agustus 2023.

World Beach Games di Bali ini adalah gelaran kedua setelah sukses ajang serupa di Qatar pada 2019. Di Bali pada Agustus mendatang akan diikuti 1.584 atlet dari  14 cabang olahraga  pantai dan air terdiri dari: Aquathlon, Beach Handball, Beach Soccer, Beach Tennis, Beach Volleyball 4×4, Beach Waterpolo, Beach Wrestling, Individual Kata, Open Water Swimming 5km, 3x3 Basketball, AirBadminton, Surfing, Beach Sprint Rowing, dan WingFoil Racing.

Komentar