nusabali

Karangasem Seleksi Duta GenRe 2023

  • www.nusabali.com-karangasem-seleksi-duta-genre-2023

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Karangasem mengagendakan seleksi Duta GenRe (Generasi Berencana) Kabupaten Karangasem 2023, 4 April - 4 Juli 2023.

Syarat administrasi dan teknis lainnya telah tersosialisasikan agar peserta lebih banyak datang. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Karangasem I Komang Daging, memaparkan hal itu di ruang kerjanya,  Rabu (29/3).

Kata dia, pentingnya memilih Duta GenRe Karangasem, paling tidak agar sejak dini menyiapkan kaum remaja berkualitas dan cerdas sebagai penerus pembangunan Indonesia. Duta GenRe Karangasem 2023 di dalamnya berisikan program ketahanan remaja, memberikan akses informasi seluas-luasnya bidang pembangunan, terutama bidang pendidikan, konseling, kesehatan reproduksi, gizi, perencanaan berkeluarga, menyiapkan remaja sebagai calon pasangan akan membangun bahtera rumah tangga.

Jelas Daging, ke depan remaja menjadi keluarga yang berkualitas, sehingga sejak dini mampu mencegah terjadinya balita yang lahir stunting. "Syarat calon peserta, belum menikah, sehat jasmani dan rohani, dan tidak merokok," jelas Daging.

Syarat lainnya, terhindar dari seks pranikah dan NAPZA (narkotika psikotropika dan zat adiktif). Salah satu persoalan dialami remaja belakangan ini, adalah permasalahan seksualitas, dan masih rendahnya pengetahuan bidang kesehatan reproduksi. Calon peserta juga wajib aktif berorganisasi, terutama terlibat PIK (Pusat Informasi dan Konseling) Remaja yang merupakan wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja). Calon peserta juga wajib memiliki kemampuan memimpin kelompok, mampu berbicara di depan publik, dan punya wawasan.

Tim juri berasal dari unsur, psikolog, pengelola program pembangunan keluarga, praktisi, forum GenRe dan terkait lainnya. Pemenang sepasang Duta GenRe Karangasem tahun 2022, siswa kelas XI MIPA2 dari PIKR (Pusat Informasi Remaja) Widya Loka, SMAN 2 Amlapura, yakni I Komang Astama dan Ni Putu Yunda Putri Maharani.

Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa mengaku telah siap mengikuti seleksi Duta GenRe Karangasem 2023. "Saya telah menyiapkan 3 pasang siswa," jelasnya.*k16

Komentar