nusabali

63 Siswa SMAN 1 Amlapura Lolos PTN dari Jalur Prestasi

  • www.nusabali.com-63-siswa-sman-1-amlapura-lolos-ptn-dari-jalur-prestasi

AMLAPUARA, NusaBali
SMAN 1 Amlapura meloloskan 63 siswa ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNBP (seleksi nasional berbasis prestasi).

Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2022, hanya 42 siswa. “63 orang ini data sementara sesuai laporan dari siswa, bisa saja bertambah,” jelas Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana, di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Rabu (29/3).

Kata Marta Ariana, untuk sementara kenaikan jumlah siswa yang lolos ke PTN dari jalur prestasi mencapai 19 siswa atau 43,18 persen. Dia mengklaim tingkat kenaikan ini cukup fantastis di tengah ketatnya persaingan. Masuk PTN melalui SNBP dengan kriteria, yakni nilai rapor semester I - V, tergantung fakultas PTN yang dicari dan tingkat persaingan.

Hanya saja, kata Marta Ariana yang mantan Kasek SMAN Bebandem ini, siswa yang lulus SNBP, tidak boleh lagi melamar di fakultas lain dalam lingkup PTN. “Makanya yang mengisi formulir SNBP, sejak awal mesti fokus dan konsekuen pada pilihannya, tidak ada istilah coba-coba,” tambah kasek asal Desa Culik, Kecamatan Abang ini.

Guru Bimbingan Konseling SMAN 1 Amlapura I Made Ariawan yang mendamping Kasek Marta Ariana juga mengatakan, sejak awal sebelum siswa mengisi formulir SNBP, dapat bimbingan mengenai menjatuhkan pilihannya. Bimbingan menyangkut cita-cita siswa, keseriusan memilih salah satu jurusan di PTM. "Sebab, ada yang mengaku tidak punya cita-cita, tetapi saat mengisi formulir tidak ada istilah coba-coba," katanya.

Lanjut I Made Ariawan, jika siswa yang telah lolos SNBP ingin mendaftar untuk testing ke jurusan lain, langsung namanya diblokade. Logikanya, jika lolos PTN ini wajib diambil.

Dari 63 siswa yang lulus SNBP, sementara tercatat 3 siswa lulus di FK Unud, 1 siswa di Fakultas Kedokteran Gigi Unud, dan 1 siswa di Fakultas kedokteran Hewan. Siswi I Gusti Agung Wulan Pradnyandari kelas XII IPA3, mengaku lulus di FK Unud jurusan Farmasi, Ni Ayu Kadek Candrawati kelas XII IPA 3 lulus di program pendidikan IPA Undiksha Singaraja.

Sementara itu, Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa mengaku telah meloloskan 57 siswa melalui jalur SNBP. "Sementara saya terima laporannya sebanyak 57 siswa lulus melalui SNBP," katanya. Kasek SMAN 3 Amlapura Wayan Sugiana mengaku 24 siswa yang mengisi formulir, hasilnya nihil. *k16

Komentar