nusabali

Parkir RSUD Tabanan Kurang Memadai

  • www.nusabali.com-parkir-rsud-tabanan-kurang-memadai

TABANAN, NusaBali
Konsultasi publik yang dilaksanakan RSUD Tabanan pada Rabu (29/3)  terkait pelayanan kesehatan mengundang sejumlah keluhan.

Salah satu yang banyak dikeluhkan adalah ketersediaan parkir di RSUD Tabanan yang belum memadai. Tak hanya mengeluhkan parkir yang masih semrawut, sarana penunjang seperti kursi roda banyak yang sudah tak layak juga dikritik.

Sarana parkir yang belum memadai disampaikan langsung tiga orang dari berbagai instansi. Parkir yang paling disoroti adalah di depan ruangan UGD termasuk parkir yang ada di halaman depan gedung RSUD Tabanan hingga di ruas jalanan barat Gedung RSUD Tabanan.

Parkir di halaman depan gedung RSUD Tabanan diketahui setiap harinya penuh padahal ruas jalan itu adalah jalan umum yang sudah berisi larangan parkir. Termasuk di depan UGD RSUD Tabanan dipenuhi parkir yang harusnya jalur tersebut bebas hambatan.

Tak hanya parkir sarana penunjang seperti ketersediaan kursi roda juga mendapat kritikan dari pasien. Pasien menilai kursi roda yang tengan disediakan pihak rumah sakit sedikit serta banyak yang tak layak.

Terkait hal tersebut Direktur RSUD Tabanan dr Gede Sudiarta mengakui permasalahan utama RSUD Tabanan adalah sarana parkir. Ini karena RSUD terkendala dengan terbatasnya lahan. "Kita punya lahan 1,6 hektare, pembangunannya sudah padat," akunya.

Menurut dia, mengatasi persoalan parkir tersebut RSUD telah menyewa lahan warga untuk dijadikan parkir khusus karyawan dan dokter. Termasuk penataan parkir di depan gedung telah dilakukan upaya penertiban. "Sejauh ini untuk parkir di depan UGD kami sudah atensi, satpam sudah kami minta stand by memprioritaskan penanganan kedaruratan," kata dr Gede Sudiarta.

Dan untuk ke depan jelas dia, planing RSUD Tabanan untuk pembenahan penataan parkir rencana akan memperlebar kawasan di bagian depan RSUD Tabanan dengan cara pembongkaran tembok. Namun penataan ini masih dalam kajian hanya saja sudah dikoordinasikan dengan pimpinan dalam hal ini Bupati Tabanan. "Mudah-mudahan ada anggaran untuk penataan dibagian depan," harapnya.

Sementara terkait dengan kritikan mengenai kurangnya kursi roda untuk pasien, hal tersebut akan segera dievaluasi. Namun ketersediaan kursi roda di RSUD Tabanan tempatnya tersebar di masing-masing ruangan. "Kami juga sedang melakukan pengadaan sapras melalui dana biaya operasional. Saat ini tahap pengamprahan sarana prasarana masih dalam proses e-katalog," tandas dr Gede Sudiarta. *des

Komentar