nusabali

Bali Tuan Rumah Pra PON Cricket

  • www.nusabali.com-bali-tuan-rumah-pra-pon-cricket

Dengan materi atlet yang banyak memperkuat Timnas, Bali menjadi tim unggulang pada babak kualifikasi perebutan tiket PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

DENPASAR, NusaBali
Pengurus Pusat (PP) Persatuan Cricket Indonesia (PCI) menunjuk Bali sebagai tuan rumah Pra PON cabang olahraga Cricket yang akan dilaksanakan pada 21 Juli - 2 Agustus 2023 di Lapangan Cricket Unud, Jimbaran, Kabupaten Badung.

Kepastian Bali sebagai tuan rumah babak kualifikasi PON berdasarkan surat nomor 69/UMM-PCI/III/2023 tertanggal 23 Maret 2023 ditandatangani Sekjen PB PCI, Albert W Aridan Tangkudung. Menurut Sekum Pengprov PCI Bali Nyoman Kariana Wirawan, Selasa (28/3), surat tersebut telah dikirim ke semua pimpinan Pengprov PCI.

Keputusan memilih Bali tentu berdasarkan hasil rapat Pengurus Pusat (PP) dengan Pengprov PCI pada 8 Maret 2023.  "PP PCI dan Pengprov PCI yang menginginkan Bali sebagai tuan rumah, dan itu sudah disetujui oleh daerah lainnya. Mereka antusias jika Bali sebagai tuan rumah, jadi sekali ikut kualifikasi mungkin bisa dibarengi liburan ke Bali," tutur Kariana Wirawan. Terkait persyaratan dengan kelengkapan dokumen peserta akan disusul informasi selanjutnya. Namun Kariana menejelaskan  cabang olahraga cricket masih tetap memperebutkan 6 medali emas di ajang Pra PON.

Enam medali emas itu yakni Kategori Super Sixes Putri, Kategori Super Sixes Putra, Kategori Super Eight Putri, Kategori Super Eight Putra, Kategori Twenty-twenty Putri, Kategori Twenty-twenty Putra. Dengan demikian cricket sejatinya hanya mempertandingkan 3 kategori, di sektor putra dan putri.

Bali sendiri sangat berpeluang keluar sebagai juara umum di babak kualifikasi penentuan provinsi yang akan bertanding pada PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara, karena di sektor putra ada 8 atlet bergabung dengan Timnas SEA Games, kemudian untuk sektor putri ada 12 atlet yang sempat tampil di kejuaraan dunia Cricket berasal dari Pulau Dewata. *dek

Komentar