nusabali

Kementerian PUPR: Tunggu 'Financial Close'

Soal Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi

  • www.nusabali.com-kementerian-pupr-tunggu-financial-close

JAKARTA, NusaBali
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebutkan progres proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi di Bali saat ini menunggu dukungan pembiayaan dari perbankan atau financial close.

"Progres saat ini sedang menunggu financial close," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI yang dipantau secara daring di Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa (28/3).

Danang mengatakan, proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi sudah dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada 8 Maret 2022.

Proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi rencananya terdiri dari tiga seksi. Seksi pertama yakni segmen Gilimanuk-Pekutatan, seksi kedua Pekutatan-Soka, dan seksi terakhir Soka-Mengwi.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dalam pembangunan jalan tol, khususnya di Bali sebagai destinasi wisata dunia, harus memperhatikan beberapa hal.

Pertama adalah kualitas, karena sebagai wisata dunia, Bali harus menunjukkan Indonesia bisa membangun jalan tol dengan kualitas terbaik.

Lalu, kedua juga harus memperhatikan estetika. Tidak hanya struktur-struktur jalan saja, namun juga kualitas dan estetikanya, tanpa mengurangi kecepatan kerjanya.

Proses pembangunan jalan tol ini tetap memperhatikan kearifan lokal Bali, dengan menghindari tempat-tempat suci serta membangun jalur khusus roda dua untuk sepeda dan sepeda motor.

Adapun Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi akan dibangun melintasi 3 kabupaten, 13 kecamatan dan 58 desa. Dengan pemberdayaan 4 desa di Bali sebagai rest area terpadu yang masing-masing memiliki konsep berbeda, yaitu Jembrana yang mengangkat kearifan lokal.

Lalu Pekutatan yang menunjang area taman bermain internasional, kemudian Soka dengan konsep pedesaan sebagai tempat beristirahat, serta Tabanan sebagai pusat logistik untuk distribusi dalam kota. *

Komentar