nusabali

Warga Keluhkan Turis Tidak Cakap Berkendara

  • www.nusabali.com-warga-keluhkan-turis-tidak-cakap-berkendara

SEMARAPURA, NusaBali
Polsek Nusa Penida, Klungkung menggelar penindakan dengan sistem hunting bagi pengendara kendaraan bermotor yang melanggar.

Seorang turis asal Inggris ditilang di Jalan Raya Desa Ped, Desa Ped, Nusa Penida karena tidak cakap mengendarai motor dan tidak memakai helm, Selasa (28/3) pagi. Kapolsek Nusa Penida, Kompol Ida Bagus Putra Sumerta mengatakan, sistem hunting merupakan penindakan kepada pelanggaran lalu lintas yang kasat mata, seperti pengunaan helm dan kelengkapan kendaraan.

Kompol Sumerta menegaskan, penindakan ini sebagai tindak lanjut banyaknya keluhan masyarakat terkait turis yang tidak cakap naik motor dan melanggar aturan lalu lintas. “Kami sudah mengambil langkah tegas dengan tilang,” tegas Kompol Sumerta. Aksi WNA yang nampak tidak cakap berkendara viral di media sosial. Apalagi mereka tidak menggunakan helm sebagai pelindung kepala. “Kami akan rutin melakukan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas,” ujar Kompol Sumerta.

Tilang tidak hanya kepada warga negara asing (WNA), juga semua warga yang melanggar. Penindakan ini untuk menjaga ketertiban berlalu lintas dan mencegah terjadinya kecelakaan. Kecelakaan diawali pelanggaran. “Kami juga menindak dua WNI yang melanggar,” ungkap Kompol Sumerta. Sebelumnya, Polsek Nusa Penida menggelar razia kendaraan di Jalan Raya Desa Ped, Nusa Penida, Minggu (19/3) pagi. Razia dipimpin Kanit Lantas AKP Sang Ketut Susila. Seorang turis asal Kanada ditilang karena kendaraannya tanpa nomor polisi. *wan

Komentar