nusabali

Temukan Ketajaman, Ronaldo Dinilai Penting untuk Portugal

  • www.nusabali.com-temukan-ketajaman-ronaldo-dinilai-penting-untuk-portugal

LUKSEMBURG, NusaBali
Cristiano Ronaldo menemukan ketajamannya lagi di Portugal di bawah pelatih baru Roberto Martinez.

Martinez menilai sosok Ronaldo sangat penting untuk timnas Portugal. Portugal berpesta empat gol tanpa balas di gawang tuan rumah Luksemburg, di Luxemburg Stadium, dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2024 Grup J, Senin (27/3) dinihari WIB. Ronaldo mencetak dua gol dalam laga itu, dan empat gol lainnya lahir dari Joao Felix, Bernardo Silva, Otavio, serta Rafael Leao.

Ronaldo pada laga sebelumnya juga mencetak dua gol saat Selecao das Quinas menang atas Liechtenstein 4-0. Kini CR7 mempertajam rekornya sebagai pemain dengan penampilan dan gol terbanyak di laga internasional bagi timnas negaranya. Pemain Al Nassr Arab Sadi itu sudah membuat 198 penampilan dengan 122 gol di laga internasional.

Ketajaman Ronaldo seolah kembali setelah sempat seret gol di Piala Dunia 2022. Pada ajang tersebut, Ronaldo bahkan sering dipinggirkan pelatih Portugal sebelumnya, Fernando Santos.

Namun Roberto Martinez mampu membuat Ronaldo subur lagi. Dia juga masih mempercayai penyerang 37 tahun itu selalu tampil sebagai starter.

Menurut pria asal Spanyol itu, Ronaldo sosok yang masih sangat penting untuk Timnas Portugal. Pengalamannya dibutuhkan di ruang ganti Portugal.

"Cristiano adalah pemain unik di dunia, dengan jumlah caps internasional terbanyak," kata Martinez, dikutip dari France24.

Menurutnya, pemain yang lebih muda punya kemauan besar untuk bermain dan pemain seperti Cristiano Ronaldo, Rui Patricio, dan Bernardo Silva mengehadirkan pengalaman bagi pemain muda itu.

Kemenangan itu membuat Portugal memimpin Grup J dengan enam poin dari dua laga, unggul dua poin dari Slovakia dan disusul Bosnia & Herzegovina serta Islandia masing-masing tiga poin. Sedangkan Luksemburg di posisi lima dengan satu poin, dan Liechtenstein di dasar grup karena belum mendapatkan poin dari dua laga.

Lima Besar Top Skorer Timnas
1. Cristiano Ronaldo (Portugal): 122 Gol
2. Ali Daei (Iran): 109 Gol
3. Lionel Messi (Argentina): 99 Gol
4. Mokhtar Dahari (Malaysia): 89 Gol
5. Ferench Puskas (Hungaria), Sunil Chhetri (India): 84 Gol

Komentar