nusabali

Misi Katrol Peringkat FIFA

Laga II Indonesia vs Burundi, Selasa Malam

  • www.nusabali.com-misi-katrol-peringkat-fifa

JAKARTA, NusaBali
Timnas Indonesia akan kembali berjumpa Burundi, dalam laga ujicoba internasional FIFA Matchday, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/3) malam, pukul 21.30 WITA.

Timnas diwajibkan menang lagi untuk mewujudkan misi mengatrol peringkat FIFA. Pada laga pertama, skuad Garuda -julukan Timnas- berhasil mengatasi perlawanan Burundi, Sabtu (25/3) malam. Tampil impresif, tim besutan Shin Tae-yong itu menang 3-1.

Kemenangan Timnas Indonesia diperoleh berkat gol Yakob Sayuri (6’), Dendy Sulistyawan (14’), dan Rizky Ridho (44’). Hasil itu membuat poin Timnas di ranking FIFA saat ini bertambah, 5,39 poin.

Dengan tambahan itu, Indonesia naik ke peringkat 150 dunia. Kini, Timnas Indonesia pun memiliki kesempatan menambah poin dalam pertemuan kedua melawan Burundi.

Jika menang lagi, Indonesia mendapat tambahan total 10,78 poin. Itu artinya, Timnas akan mengantongi 1.051,35 poin. Jika di saat bersamaan Lesotho dan Liberia tumbang dari lawan-lawannya, Indonesia dapat naik ke peringkat 148 dunia.

Timnas Indonesia sendiri memiliki peluang mengalahkan Burundi di pertemuan kedua. Selain menang di pertemuan pertama, Skuad Garuda juga pernah melakukan hal yang sama saat mengalahkan Curacao di FIFA Matchday September 2022.

Pada pertemuan kedua nanti, jadi ajang pembuktian kualitas Stefano Lilipaly. Sempat tak dilirik Shin Tae-yong, Lilipaly tampil bagus dan membantu Indonesia menang 3-1 atas Burundi.

Walau tak mencetak gol, permainannya menghidupkan lini depan skuad Garuda. Lilipaly juga berkontribusi besar dengan mengirimkan bola silang untuk gol pertama yang dicetak Yakob Sayuri pada awal pertandingan.

Performa Lilipaly seolah menjadi pembuktiannya. Sebab awalnya dia tak masuk dalam daftar pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk FIFA Matchday ini.

Dia sempat bereaksi lewat akun Instagram pribadinya karena diabaikan dari daftar tersebut. Pemain 33 tahun itu menulis kata 'lucu' untuk menggambarkan keputusan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Dengan performa hebat Lilipaly pada laga pertama, muncul pertanyaan. Apakah pelatih yang akrab disapa STY tersebut bakal 'mempermanenkan' Lilipaly di Timnas Indonesia. Disinilah, Fano, panggilan akrab Lilipaly ditantang kembali menunjukkan kualitasnya.  *

Perkiraan Pemain
Indonesia (5-4-2-1): Syahrul Trisna; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Marc Klok, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Stefano Lilipaly; Dendy Sulistiawan. Pelatih: Shin Tae-yong.
Burundi (4-3-3): Fabien Mutombola; Rashid Harerimana, Collins Muhindo, Marco Weymans, Karim Nizigiyamana; Omar Moussa, Christope Nduwarugira, Styve Nzigamasabo; Bienvenue; Kanakimana, Pacifique Niyongabire, Saido Berahino. Pelatih: Etienne Ndayiragije.

Komentar