nusabali

3.212 Pelajar SMA Ikuti Ujian Sekolah

  • www.nusabali.com-3212-pelajar-sma-ikuti-ujian-sekolah

AMLAPURA, NusaBali
3.212 pelajar jenjang SMA negeri dan swasta di Karangasem mengikuti ujian sekolah hari pertama, Senin (27/3).

Mereka dari 10 SMA negeri dan 9 SMA swasta. Ujian sekolah berlangsung secara online dengan handphone dan akses wifi sekolah. Siswa wajib hadir ke sekolah. "Jika ujian pakai komputer, tidak mungkin mampu menyediakan sarana itu untuk seluruh siswa. Tujuannya, tetap agar ujian bisa berlangsung bersamaan," jelas Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawan, di sela-sela memantau ujian sekolah di sekolah setempat, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Senin (27/3).

Di SMAN 2 Amlapura terbanyak siswa kelas XII mengikuti ujian sekolah, 324 pelajar. Mereka dari jurusan Bahasa 25 orang, IPA 186, dan IPS 113. Seorang peserta berhalangan karena menjalani operasi mata. "Nanti ikut ujian susulan," tambah pendidik dari Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, Karangasem ini.

Seperti biasa katanya, setiap siswa yang hadir wajib mengisi absen, selanjutnya memasuki ruang kelas masing-masing. "Kami wajibkan siswa hadir ke sekolah, agar semua siswa yang mengikuti ujian sekolah terpantau," katanya.

Jadwal ujian sekolah hari pertama Senin (27/3), jurusan IPS PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) dan Sejarah, Jurusan IPA yakni PPKn dan Matematika dan jurusan Bahasa, PPKn dan Bahasa dan Sastra Inggris, ujian pukul 07.30 Wita - 13.00 Wita. Semu peserta wajib ke sekolah untuk memastikan mereka mengikuti ujian sekolah. Jika ujian di rumah akan banyak peseta mengalami kendala akses internet.

Kasek SMAN 3 Amlapura Wayan Sugiana memaparkan hal senada. Di sekolah ini ujian sekolah melibatkan 287 siswa. SMAN 3 Amlapura di Banjar Delod Sema, Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem, siswanya banyak dari desa berbukit. Jika ujian dari rumah, maka akan kesulitan akses internet karena terhalang bukit. "Makanya sepakat ujian sekolah di sekolah, tetapi online," jelas mantan Kasek SMAN 1 Amlapura dan SMAN 2 Amlapura, tersebut.

Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMK yang juga Kasek SMKN 1 Amlapura I Wayan Artana, dari 13 SMK, 5 SMK negeri dan 8 SMK swasta, tercatat 2.085 siswa ikut ujian sekolah. Tercatat, siswa atau pelajar terbanyak ikut ujian sekolah, di SMKN 1 Amlapura 386 siswa, dari Program Teknik Kendaraan Ringan Otomotif 29 siswa, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor 32 siswa, Asisten Keperawatan 69 siswa, Perhotelan 145 siswa dan Tata Boga 111 siswa. Jadwal ujian hari pertama mengujikan mata pelajaran, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Begitu juga di SMKN Manggis. Menurut Kasek I Nyoman Wage, ujian ini melibatkan 334 siswa dari Program Tata Boga 70 siswa, Perhotelan 102 siswa, Teknik Komputer dan Jaringan 103 siswa, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor 33 siswa, dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif 26 siswa. *k16

Komentar