nusabali

Burundi Akui Kekalahan dari Indonesia, Shin Nilai Pertahanan Membaik

  • www.nusabali.com-burundi-akui-kekalahan-dari-indonesia-shin-nilai-pertahanan-membaik

JAKARTA, NusaBali
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menilai pertahanan tim asuhannya saat ini membaik.

Bahkan memperlihatkan kemajuan dengan kehadiran dua pemain keturunan, yakni Jordi Amat dan Elkan Baggott. Tim Garuda dengan formasi 3-4-3 mampu mengimbangi kekuatan fisik Burundi.

Ya, Indonesia mengalahkan tamunya Burundi 3-1, dalam laga pertama FIFA Match Day, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3) malam. Tim Garuda memimpin 3-0 pada babak pertama melalui gol-gol Yakub Sayuri, Dendy Sulistyawan, dan Rizky Ridho. Burundi memperkecil skor setelah turun minum.

"Namun saya melihat kondisi Elkan tidak 100 persen. Jadi ada beberapa kesalahan yang dilakukan Elkan di babak kedua. Tetapi kalau melihat pertandingan pertama ya oke. Tidak ada masalah. Untuk ke depannya kita akan mempersiapkan lebih baik lagi dari sekarang, dan kita bisa melihat dan menilai bahwa pertahanan timnas sekarang tidak seperti dulu," kata Shin Tae-yong, Sabtu malam.

Kehadiran dua pemain keturunan, yakni Jordi dan Elkan, dilengkapi penampilan Rizky Ridho sebagai trio bek selama 90 menit. Meski menilai ketiga pemain tersebut tampil cukup baik, Shin, sapaan Shin Taepyong, menolak menjamin ketiganya akan selalu mendapat tempat di tim asuhannya.

“Pastinya trio itu akan berubah-ubah, tidak ditetapkan seperti sekarang. Apalagi formasi pun bisa berubah, mungkin untuk hari ini kan tiga bek, bisa saja besok empat bek," kaya pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin hanya memiliki waktu persiapan selama tiga hari sebelum melawan Burundi. Persiapan dalam waktu singkat tersebut diakui olehnya belum maksimal. Namun Shin puas karena para pemain mampu menerapkan taktik dan strategi yang dimatangkan selama pemusatan latihan.

Indonesia akan kembali menghadapi Burundi pada FIFA match day berikutnya Selasa (28/3) . Untuk itu, Shin meminta tidak menyia-nyiakan keunggulan pada pertandingan berikutnya.

Sementara itu, pelatih timnas Burundi Etienne Ndayiragije menilai permainan Indonesia jauh lebih bagus dari tim asuhannya. Indonesia mampu memanfaatkan berbagai peluang. Hal itu krusial dalam sebuah pertandingan.

Ndayiragije yang baru menangani timnas Burundi sejak Januari lalu menyatakan timnya hanya memiliki waktu singkat untuk persiapan, selain itu timnya juga baru terbentuk. Jadi dia tidak heran Burundi sempat kesulitan menghadapi permainan Indonesia pada babak pertama. *ant

Komentar