nusabali

Aksi Bule Rusia Cemari Gunung Agung

  • www.nusabali.com-aksi-bule-rusia-cemari-gunung-agung

Rombongan bule Rusia itu mendaki melalui jalur Pura Pengubengan Besakih. Padahal telah berlaku larangan mendaki.

AMLAPURA, NusaBali

Aksi bule Rusia yang berulah di puncak Gunung Agung, Senin (20/3), dengan cara melepas celana, lalu temannya merekam aksi itu kemudian beredar di media sosial menyebabkan Gunung Agung cuntaka (kotor secara niskala). Terlebih, aksi itu menjelang Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Penataran Agung Besakih, puncaknya pada Purnama Kadasa, Buda Umanis Prangbakat, Rabu (5/4).

Sebab Kawasan Suci Pura Besakih, mewilayahi hingga ke Gunung Agung. "Atas ulah tamu Rusia itu menyebabkan Kawasan Suci Pura Besakih termasuk Gunung Agung, cuntaka. Nanti kami gelar upacara prayascita di Pura Pengubengan Besakih, sebelum upacara nedunang Ida Bhatara," jelas Ketua I Panitia Karya Agung Ida Bhatara Turun Kabeh I Gusti Mangku Jana, di Pura Penataran Agung Besakih, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Minggu (26/3). Upacara Nedunang Ida Bhatara, Redite Pon Prangbakat, Minggu (2/4).

Selama ini, jelas Gusti Mangku Jana, telah beberapa kali menggelar upacara itu, jika ada pendaki jatuh ke jurang Gunung Agung lalu meninggal. Tujuannya, agar Kawasan Suci Pura Besakih kembali suci, tidak lagi cuntaka. Dia menduga bule Rusia itu telah mengetahui jalur mendaki Gunung Agung, sehingga tidak perlu memanfaatkan jasa pramuwisata lokal untuk mengantarnya. Selanjutnya bule Rusia yang diperkirakan tujuh orang itu, setiba di puncak Gunung Agung, salah satunya berulah dengan melepas celana, sehingga setengah telanjang. Lalu rekannya, yang merekam kejadian itu, kemudian viral di media sosial.

Rombongan bule Rusia itu mendaki melalui jalur Pura Pengubengan Besakih. Padahal telah berlaku larangan mendaki Gunung Agung selama rangkaian Karya Agung Ida Bhatara Turun Kabeh, di Pura Penataran Agung Besakih. Larangan itu berlaku sejak upacara Negtegang Pedagingan, hingga Nyineb. Gusti Mangku Jana yang juga pamangku di Pura Penataran Agung Besakih menambahkan pelaksanaan upacara Negtegang pada Redite Pahing Matal, Minggu (12/3), dan Nyineb pada Buda Paing Wayang, Rabu (26/4), selama 21 hari. Selama itu pula berlaku larangan mendaki Gunung Agung bagi pencinta alam terutama wisatawan. Tujuannya, agar kesucian Gunung Agung dan Pura Besakih terjaga, mengingat antara Gunung Agung dan Pura Besakih menjadi satu kesatuan kawasan suci.

Terakhir, pangempon pura ini menggelar upacara pembersihan, di Pura Besakih terkait wisatawan Amerika Kevin Len Henderson, 51, tewas terjatuh di Gunung Agung, Senin (21 November 2022).*k16

Komentar