nusabali

Ogoh-Ogoh Tabanan Lebih Kreatif dan Inovatif

  • www.nusabali.com-ogoh-ogoh-tabanan-lebih-kreatif-dan-inovatif

TABANAN, NusaBali
Setelah melalui proses penilaian, tiga ogoh-ogoh di Tabanan dinobatkan sebagai pemenang lomba ogoh-ogoh tingkat Provinsi Bali.

Tiga pemenang ogoh-ogoh tersebut diantaranya Juara I Ogoh-ogoh Bhuta Dasangkara karya ST Putra Para Jana Jaya dari Banjar Wani, Desa Bale Agung, Kecamatan Kerambitan.

Kemudian juara II ST Eka Dharma Panca Kerti dari Banjar Subamia Bale Agung, Desa Subamia, Kecamatan Tabanan yang menampilkan karya Cetik Crongcong Polo.  Sedangkan juara III didapat ST Tuna Mekar dari Banjar Meliling Kangin, Desa Meliling, Kecamatan Kerambitan. Mereka membuat karya Catur Sanak.

Penata Muda Bidang Adat Istiadat Dinas Kebudayaan Tabanan I Gede Nyoman Sugiarta menjelaskan pengumuman juara sudah dilakukan saat hari Ngembak Geni Kamis (23/3). "Dengan sudah menjadi pemenang, sekarang tinggal menunggu penyerahan hadiah yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bali. Sesuai rencana hadiah akan diserahkan langsung Gubernur Bali Wayan Koster. Kapan waktunya kita sedang menunggu konfirmasi dari provinsi," terang Sugiarta.

Menurutnya tiga pemenang lomba ini sudah memenuhi kriteria lomba yang diajukan Provinsi Bali. Diantaranya, adanya teknik konstruksi, kajian sastra, harmonsasi warna, inovasi dan kreativitas. Lalu dilihat dari bahan yang digunakan adanya kompetensi bobot, adanya ornamen Bali serta keunikan tema. "Nah dari tiga pemenang ini yang paling menarik adalah pemenang juara I karena menggunakan aplikasi dalam menggerakkan ogoh-ogoh. Biasanya untuk bisa ogoh-ogoh bergerak menggunakan dinamo," papar Sugiarta.

Untuk itu dia menilai kreativitas peserta lomba tahun 2023 ini sudah mulai adanya banyak inovasi. Bahkan dari segi jumlah peserta ogoh-ogoh tahun 2023 ini paling banyak. Sebelumnya peserta lomba hanya diikuti oleh 26 hingga 30 peserta. "Nah sekarang total yang ikut sudah 60 peserta. Dan kami prediksi tahun depan akan lebih banyak," tandasnya.

Pemprov Bali menyediakan hadiah pemenang lomba ogoh-ogoh tahun 2023 Juara I diberikan hadiah Rp 50 juta, juara II Rp 35 juta, dan juara III Rp 25 juta. Sementara dari 30 peserta (masuk nominasi di tiap kecamatan) yang tak mendapat juara diberikan hadiah Rp 5 juta dipotong pajak. *des

Komentar