nusabali

Turis Rusia Digulung Ombak Pantai Kelingking

  • www.nusabali.com-turis-rusia-digulung-ombak-pantai-kelingking

Tim SAR gabungan menurunkan empat orang rescuer dengan cara berenang membawa tali.

SEMARAPURA, NusaBali

Turis asal Rusia, MN, 35, digulung ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Minggu (26/3) siang. Korban mengalami cedera kaki dan punggung. Korban berhasil dievakuasi oleh Tim SAR gabungan melalui jalur laut, selanjutnya korban dibawa ke Klinik Nusa Medika, Nusa Penida untuk mendapatkan perawatan medis.

Informasi di lapangan, turis Rusia digulung ombak sekitar pukul 12.30 Wita. Saat berenang di Pantai Kelingking, tiba-tiba datang ombak besar sehingga korban tergulung ombak dan terhempas ke pinggir pantai. Kejadian itu menyebabkan korban mengalami cedera pada kaki dan punggung.

Melihat kejadian itu, warga sekitar menghubungi kepolisian dan Basarnas untuk mengevakuasi korban. Beberapa saat kemudian Tim SAR gabungan tiba di lokasi TKP.

Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida, Cakra Negara mengatakan, Tim SAR gabungan sebanyak 8 personel segera bergerak menuju lokasi kejadian pada pukul 13.40 Wita. RIB baru bisa mendekati lokasi kejadian sekitar pukul 14.10 Wita. "Kami menurunkan 4 orang rescuer dengan cara berenang membawa tali," ujar Cakra Negara.

Korban mendapatkan penanganan awal dan selanjutnya dipindahkan menggunakan tandu spinal. Jarak penarikan sampai dengan ke RIB sekitar 200 meter. Berselang kurang lebih 40 menit, akhirnya korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat menuju Pelabuhan Sampalan Nusa Penida, selanjutnya korban dibawa ke Klink Nusa Medika menggunakan ambulans.

Selama proses evakuasi turut melibatkan personel dari Unit Siaga SAR Nusa Penida, Klinik Nusa Medika, Polsek Nusa Penida, Koramil Nusa Penida, BPBD Klungkung, dan masyarakat setempat. Saat ini korban masih dirawat di Klinik Nusa Medika untuk penanganan lebih lanjut. *wan

Komentar