nusabali

Kemenhub Atur Lalin Truk Tiga Sumbu Roda saat Mudik Lebaran 2023

  • www.nusabali.com-kemenhub-atur-lalin-truk-tiga-sumbu-roda-saat-mudik-lebaran-2023

JAKARTA, NusaBali
Kementerian Perhubungan akan mengatur lalu lintas (lalin) truk dengan tiga sumbu roda saat arus mudik Lebaran 2023.

Pengaturan ini agar tidak mengganggu kendaraan para pemudik. Rencana pengaturan ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai mengikuti Rapat Terbatas Arus Mudik Lebaran 2023 dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, seperti dilansi Antara, Jumat (24/3).

“Berkaitan dengan mobil barang, karena kita tahu di jalan tol itu jalan relatif mempunyai kapasitas arus menurun (melambat) dengan adanya mobil barang tiga sumbu roda. Pertama kecepatan menurun dan kedua volumenya terjadi penyempitan. Oleh karena itu, kami akan mengumumkan hari apa saja yang tidak boleh menggunakan jalan-jalan yang ditetapkan,” ujar Budi Karya Sumadi di Jakarta.

Dia mengatakan aturan itu akan dikecualikan bagi truk pengangkut BBM, bahan bakar gas (BBG), hewan ternak, pupuk, uang, bahan pokok, termasuk sayuran, sepeda motor, kendaraan tiga sumbu pengangkut arus mudik atau balik Lebaran 2023, pengangkut makanan, dan minuman.

Menurut Menhub, kendaraan angkutan di luar dari yang mendapat pengecualian tersebut masih bisa beroperasi menggunakan truk dua sumbu roda dengan catatan tetap tidak boleh melebihi kapasitas angkutan.

“Mereka boleh berjalan, tapi tidak boleh truk tiga sumbu roda. Mereka bisa pakai truk engkel atau dua ban (sumbu). Kita akan assessment, kita lihat kalau dia overload maka tidak boleh berjalan, karena kalau overload kecepatannya kurang dari 60 km, maka perjalanan melambat,” jelasnya. *ant

Komentar