nusabali

Mendag Jamin Harga Sembako Stabil

  • www.nusabali.com-mendag-jamin-harga-sembako-stabil

JAKARTA, NusaBali
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menjamin harga bahan pangan pokok stabil memasuki puasa Ramadan 1444 H yang dimulai pada Kamis (23/3).

"Harga pangan, saya sudah keliling di Jawa Tengah, di mana-mana masih stabil, mudah-mudahan naiknya engga banyak," kata Zulkifli kepada media di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (22/3). Zulkifli menyebutkan sejumlah komoditas yang harganya masih stabil pada H-1 Ramadan di antaranya bawang, telur ayam, daging ayam, dan beras Bulog. Bahan-bahan pangan itu, katanya, masih murah di beberapa tempat seperti di Surabaya, Mojokerto dan Mamuju.

"Bawang Rp30 ribu (per kg), daging ayam Rp33 ribu hingga Rp35 ribu (per kg) masih murah. Pasar di Mojokerto juga harganya malah di bawah lagi, barangnya tersedia banyak," ucapnya dilansir CNNIndonesia.com.

Tak hanya itu, Zulkifli juga menegaskan bahwa stok MinyaKita masih banyak di pasar-pasar tradisional. Pihaknya sengaja tak mendistribusikan minyak subsidi tersebut ke ritel modern maupun marketplace karena memang ditujukan bagi kalangan menengah ke bawah."Kalau cari di marketplace enggak ada, di ritel modern enggak ada, kita kembalikan ke pasar dulu, karena memang MinyaKita itu untuk ibu-ibu. Begitu sukses, begitu terkenal, semua orang cari MinyaKita, akhirnya premium pindah ke MinyaKita. Itu enggak cukup, itu kita sudah tambah dari 300 ribu ton menjadi 400 ribu ton per bulan," ucapnya.

Zulkifli pun berharap kestabilan stok dan harga pangan selama Ramadan dan Lebaran 2023 ini bisa senantiasa terjaga.
"Jadi kita harap puasa dan Lebaran ini mudah-mudahan semuanya, bantu doa, kita kerja keras agar ketersediaan dan harga terjangkau," kata dia.

Adapun berdasarkan data terakhir Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional harga komoditas pangan pada Rabu, 22 Maret, cenderung turun sejak 3 hari terakhir.

Seperti beras Rp13.250 per kg. Lalu, daging ayam Rp35.000 per kg, daging sapi Rp133.800 per kg, telur ayam Rp29.850 per kg.

Kemudian harga bawang merah turun menjadi Rp37.400 per kg, bawang putih Rp33.500 per kg cabai merah Rp49.700 per kg, cabai rawit Rp60.350 per kg, minyak goreng Rp19.350 per kg dan gula pasir Rp15.000 per kg. *

Komentar