nusabali

KMP Labitra Safinaf Sandar Pertama di Gilimanuk

  • www.nusabali.com-kmp-labitra-safinaf-sandar-pertama-di-gilimanuk

NEGARA, NusaBali
Setelah ditutup karena Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1945, penyeberangan di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk kembali dibuka per Kamis (23/3) pukul 06.00 Wita.

Bersama dibukanya penyeberangan ke Bali, Kapal Motor Penumpang (KMP) Labitra Safinaf menjadi kapal yang pertama sandar di Pelabuhan Gilimanuk.

Dari informasi yang dihimpun NusaBali, KMP Labitra Safinaf telah diberangkatkan dari Pelabuhan Ketapang pada sekitar pukul 04.00 WIB atau sekitar pukul 05.00 Wita. Sejatinya, kapal itu pun sudah tiba di perairan Gilimanuk pada sekitar pukul 05.45 Wita. Namun karena belum usai Nyepi, KMP Labitra Safinaf sempat mengapung sekitar 15 menit sebelum kemudian diizinkan sandar dan bongkar muatan di Dermaga MB III Pelabuhan Gilimanuk pada pukul 06.00 Wita.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk Kompol I Dewa Putu Werdhiana, Kamis kemarin, mengatakan, saat bongkar muatan kapal pertama di Pelabuhan Gilimanuk, itu sudah dijaga jajarannya di Pos II Pelabuhan Gilimanuk atau pos pemeriksaan pintu masuk Bali. "Tetap pemeriksan jalan. Pukul 06.00 Wita anggota kita (Polsek Gilimanuk) sudah siaga di Pos II. Kita siagakan 7 personel. Termasuk di Pos I (pos pemeriksaan pintu masuk pelabuhan) ada 5 personel," ujarnya.

Menurut Kompol Dewa Werdhiana, sejumlah kapal yang mulai sandar di Pelabuhan Gilimanuk usia Nyepi, itu didominasi membawa kendaraan barang seperti pick up dan truk. Sementara kendaraan pribadi roda empat ataupun roda dua masih sangat minim. "Selama pemeriksan sampai siang tadi nihil temuan barang-barang berbahaya. Situasi lancar, kondusif," ucap Kompol Dewa Werdhiana.

Selain pemeriksaan di Pos II Pelabuhan Gilimanuk, saat bongkar muatan kapal setelah Nyepi itu, tetap diberlakukan pemeriksaan di Pos KTP Gilimanuk. Di mana untuk melaksanakan pemeriksaan KTP itu pun sempat dilakukan oleh anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kelurahan Gilimanuk bersama unsur TNI dan Polisi Militer.

"Pas baru dibuka tetap ada pemeriksaan KTP. Tadi dari Linmas dan TNI yang memeriksa. Terus sekitar pukul 06.30 Wita, sudah datang dari Pol PP dan Dukcapil (Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jembrana)," ujar Lurah Gilimanuk Ida Bagus Tony Wirahadikusuma, Kamis kemarin.

Menurut Gus Tony, dalam pemeriksaan di Pos KTP Gilimanuk kemarin, tidak ada ditemukan pelanggaran. Pemeriksaan pun berjalan lancar karena arus masuk Bali tidak begitu padat. "Yang banyak hanya truk dan pick up. Tidak seramai sebelumnya. Kemungkinan ini karena bertepatan dengan awal puasa (bulan Ramadan)," ujar Gus Tony. *ode

Komentar