nusabali

Uma Urip Timpag, Wisata Pertanian dan Edukasi di Kabupaten Tabanan

  • www.nusabali.com-uma-urip-timpag-wisata-pertanian-dan-edukasi-di-kabupaten-tabanan

TABANAN, NusaBali.com – Ekowisata Uma Urip Timpag menjadi destinasi pariwisata berbeda di Pulau Dewata. Pariwisata berbasis pertanian plus edukasi ini berlokasi di Banjar Dajan Peken, Desa Timpag, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan.

Uma Urip Timpag merupakan sebuah destinasi yang bersifat holistik dan mencakup pertanian, pariwisata, pelestarian lingkungan hidup, edukasi dan kuliner yang ada di Desa Timpag, Kerambitan, berjarak sekitar 30 km dari Kota Denpasar.

Selain mengembangkan pariwisata berbasis pertanian, di lokasi ini juga dibudidayakan tyto alba atau burung hantu.  

Pengembangan burung hantu ini juga dimaksudkan untuk membantu petani memberantas hama tikus yang kerap mengganggu lahan persawahan.

“Uma Urip adalah pariwisata yang berbasis pada pertanian dan di dalamnya ada rumah edukasi,” kata Nyoman Gempar Pariadi, Sekdes Timpag, Kamis (16/3/2023). 

Uma Urip menampilkan keindahan alam Timpag dan cara-cara melestarikan lingkungan pertanian. Di samping menampilkan alam yang indah serta spot-spot untuk selfie, juga menyajikan kuliner pangan lokal dan tersedia jogging track. Lokasi ini juga menjadi bagian Festival Kerambitan yang digunakan untuk apel HUT  Proklamasi RI 17 Agustus dan menjajakan kuliner khas Desa Timpag.

Uma Urip Timpag ini diresmikan oleh Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya pada 19 Maret 2019. Bagi pengunjung tidak dikenakan tiket, melainkan donasi sukarela. 

“Sebelum wabah Covid-19 juga dikunjungi wisatawan mancanegara, tapi sekarang hanya lokal yang berkunjung,” ungkap Nyoman Gempar Pariadi. *m04

Berita ini merupakan hasil liputan Handika Adhi Putra, mahasiswa Praktek Kerja Lapangan di NusaBali.com

Komentar