nusabali

Bupati Suwirta Mengikuti Prosesi Mapepada Tawur Agung Kasanga

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-mengikuti-prosesi-mapepada-tawur-agung-kasanga

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny Ayu Suwirta muspayang sekaligus mengikuti prosesi Mapepada Tawur Agung Kasanga Tahun Caka 1945 di Catuspata Klungkung, Soma Kliwon Uye, Senin (20/3).

Rangkaian prosesi upacara diawali dengan persembahyangan bersama. Mapepada Tawur Agung Kasanga dipuput Ida Pedanda Gde Wiraga dari Gria Taman Cucukan, Desa Selat, Kecamatan Klungkung.

Hadir, Panglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Smara Putra, Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sudiarta, Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Armen, dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Bupati Suwirta berharap upacara Tawur Agung Kasanga khususnya yang digelar di masing-masing desa bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan niat tulus ikhlas. “Semoga rangkaian kegiatan Tawur Agung Kasanga dan Nyepi Tahun Saka 1945 bisa berjalan baik, damai, dan lancar,” harap Bupati Suwirta.

Panitia Upacara, Dewa Ketut Soma mengatakan, Mapepadaa Tawur Kasanga rutin digelar setiap setahun sekali. Upacara ini diempon Desa Adat Selisihan, Kecamatan Klungkung. Mapepada untuk menyucikan semua wawalungan atau binatang kurban yang akan digunakan dalam upacara Tawur Agung Kasanga. *wan

Komentar