nusabali

Nyepi, Belasan Ribu Lampu Penerangan Jalan Dipadamkan

  • www.nusabali.com-nyepi-belasan-ribu-lampu-penerangan-jalan-dipadamkan

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng akan memadamkan sebanyak 16.230 titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), dan 210 lampu Tenaga Surya (LTS) di wilayah Buleleng akan dipadamkan saat pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945.

Selain lampu PJU, Dishub juga akan mematikan 15 traffic light dan 5 warning light, baik yang berada di jalan nasional, jalan provinsi dan jalan kabupaten.  Kepala Dinas Pehubungan Buleleng, Gede Gunawan Adnyana Putra mengatakan, pemadaman lampu ini untuk mendukung kelancaran dan menciptakan kondusif selama pelaksanaan Catur Brata Penyepian Tahun Saka 1945. Pemadaman dilakukan mulai, Selasa (21/3) malam sekitar pukul 21.00 Wita.

Gunawan menambahkan, teknik pemadaman PJU diantaranya yang menggunakan Kilo Watt Hour (KWH) meter akan dimatikan secara manual oleh Petugas Dishub Buleleng dengan berkeliling. Petugas akan mulai memadamkan setelah pengarakan ogoh-ogoh.

"Personel Dishub Buleleng yang diterjunkan pemadaman PJU adalah sebanyak 25 orang. Mereka dibagi dalam tiga wilayah, yakni wilayah barat, tengah dan wilayah timur. Para petugas juga dibekali dengan surat tugas, dan rekomendasi dispensasi dari MDA Kabupaten Buleleng," ucap Gunawan, dikonfirmasi Senin (20/3) siang.

Sedangkan yang belum menggunakan non-KWH akan dikoordinasikan pemadamannya dengan PLN, aparat desa, serta kelurahan. Dishub juga sudah bersurat untuk pemasangan PJU secara mandiri agar dibantu untuk memadamkan pada lingkungan masing-masing.

Sementara untuk pemadaman PJU tenaga surya sebanyak 210 unit, Dishub Buleleng sudah bersurat kepada Kementerian Perhubungan melalui BPTD Bali. Nantinya akan dipadamkan melalui aplikasi digitalisasi berbasis wifi.

Di sisi lain, jaringan internet dan Internet Protocol television (IPTV) dipastikan mati selama Hari Raya Nyepi. Jaringan internet akan dimatikan untuk memastikan pelaksanaan Catur Brata Penyepian berjalan dengan khidmat.

"Jadi dipastikan jaringan layanan data seluler dan IPTV akan dimatikan, dimulai pukul 6 pagi sampai dengan besoknya juga pukul 6 pagi," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti), Ketut Suwarmawan.

Namun, sejumlah layanan internet tetap dihidupkan pada sejumlah sektor vital seperti rumah sakit, kantor kepolisian, militer, BPBD, Basarnas, hingga pemadam kebakaran akan tetap beroperasi. Layanan telepon, SMS, dan fiber optik juga tetap dapat digunakan selama Hari Raya Nyepi. *mz

Komentar