nusabali

Simak Cuaca dan Gelombang Air Laut di Bali saat Ngembak Geni

  • www.nusabali.com-simak-cuaca-dan-gelombang-air-laut-di-bali-saat-ngembak-geni

MANGUPURA, NusaBali.com – Ngembak Geni atau sehari setelah Hari Raya Nyepi, Kamis (23/3/2023), semua aktivitas masyarakat Bali kembali seperti biasa. Momen ini biasanya dimulai dengan persembahyangan dan pemanjatan doa kepada Sang Hyang Widi Wasa untuk kebaikan pada tahun yang baru.

Lantas bagaimana perkiraan cuaca pada hari itu? Berikut informasi yang NusaBali.com himpun dari data prakirawan Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, I Wayan Wirata yang menyatakan cuaca di wilayah Bali cenderung cerah berawan.

“Namun pada siang dan sore hari hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, yang terjadi secara tidak merata di Bali bagian barat, tengah, utara, dan timur. Hampir keseluruhan daerah,” terang pria yang akrab di sapa Yande pada Senin (20/3/2023) siang.

Sementara itu  kisaran hembusan angin masih normal di angka 23 kilometer per jam dan kelembaban udara berkisar 60 sampai 95 persen.

Soal gelombang air laut, kata Yande, sesuai informasi dari pemodelan gelombang BMKG, untuk pesisir wilayah Bali gelombang air laut masih lumayan tinggi atau kategori sedang dengan kisaran tinggi gelombang 1 hingga 2,5 meter.

Sedangkan pada daerah Bali bagian utara masih kategori rendah dengan kisaran tinggi gelombang 0.5 sampai 1 meter.

Foto: Prakirawan Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, I Wayan Wirata. -RIKHA SETYA

“Memang untuk gelombang air laut mungkin, masyarakat masih bisa berenang, tetapi jangan terlalu ke tengah laut. Mungkin bisa dari pinggir pantai saja,” terangnya pria kelahiran 6 November 1991 itu.

Ia juga mengimbau bagi masyarakat agar selalu tetap mewaspadai adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat dan angin kencang dengan durasi singkat.

Yande turut berpesan bagi pelaku wisata bahari dan juga wisatawan yang ingin berwisata ke pantai untuk terus mewaspadai gelombang air laut yang bisa mencapai ketinggian 2 meter lebih dan selalu mengupdate informasi cuaca dari BMKG.

“Untuk informasi cuaca masyarakat bisa langsung melihatnya dari website resmi BMKG Bali.  di sana sudah lengkap ada informasi cuaca, gelombang air laut, hingga iklim. Bisa juga melihatnya melalui media sosial kami di Instagram, aplikasi, atau bisa langsung menghubungi kami,” pungkasnya. *ris

Komentar