nusabali

Cuaca Saat Pangerupukan dan Nyepi di Bali Cenderung Cerah Berawan, BMKG: Tetap Waspada!

  • www.nusabali.com-cuaca-saat-pangerupukan-dan-nyepi-di-bali-cenderung-cerah-berawan-bmkg-tetap-waspada

MANGUPURA, NusaBali.com – Cuaca di wilayah Bali, pada umumnya cerah berawan yang diselingi hujan pada saat umat Hindu melaksanakan Pangerupukan dan catur brata Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 pada 21-22 Maret 2022.

Informasi dan data prakiraan cuaca yang dihimpun NusaBali.com dari Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar menyebutkan berdasarkan citra radar cuaca BMKG untuk 3 (tiga) hari sebelumnya memang konsentrasi hujan tetap terjadi di wilayah Bali bagian barat, tengah, dan utara pada siang dan sore hari.

Prakirawan Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, I Wayan Wirata menerangkan berdasarkan pemodelan cuaca pada saat Pengerupukan dan Hari Raya Nyepi secara umum cuaca di wilayah Bali cerah hingga berawan.

Namun pada siang dan sore hari, kata dia terdapat potensi cuaca hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi secara tidak merata di wilayah Bali bagian barat, tengah, dan utara. Sedangkan saat malam, lanjut dia cuaca diprediksi cerah berawan.

“Saat Nyepi memang pada pemodelan cuaca terlihat ada potensi hujan pada siang dan sore hari yang terjadi tidak merata di Bali bagian barat, utara, dan tengah,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya di Jalan Raya Tuban, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, Senin (20/3/2023) siang.

Prakirawan Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, I Wayan Wirata. -RIKHA SETYA

Namun, soal kekencangan angin diakuinya masih relatih normal. Sesuai dari data yang diamatinya, kecepatan angin mencapai 30 knot atau setara 20 kilometer per jam yang berhembus dari arah timur hingga tenggara.

Lebih lanjut ia katakan, suhu udara di Bali kini paling tinggi sekitar 34 derejat celcius berdasarkan pantauan dari 4 (empat) stasiun BMKG di wilayah Bali. Namun rata-rata suhu udara sekitar 27 hingga 32 derajat celcius serta kelembaban udara sekitar 65 hingga 90 persen.

“Cuaca panas saat ini memang sebagian wilayah Bali sudah memasuki periode musim kemarau,” tutur pria yang akrab disapa Yande ini.

Adapun beberapa yang perlu diwaspadai karena terdapat potensi hujan petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Bali bagian barat yakni Negara, Jembrana, lalu Bali bagian Tengah yaitu Tabanan, dan wilayah Bali bagian utara yaitu Buleleng.

Berikut ulasan perkiraan cuaca saat hari Pangerupukan pada Selasa (21/3/2023) di wilayah Bali yang telah NusaBali.com rangkum dari data BMKG Wilayah III Denpasar:
  • Amlapura: Cerah berawan pada pagi, siang, dan malam hari. Serta hujan ringan pada dini hari
  • Bangli: Cerah berawan pada pagi, malam hari, dan dini hari. Serta hujan ringan pada siang hari
  • Denpasar: Sedari pagi hingga dini hari cerah berawan
  • Gianyar: Sedari pagi hingga dini hari cerah berawan
  • Negara: Berawan pada pagi hari, cerah berawan pada siang dan dini hari, lalu hujan ringan pada malam hari
  • Semarapura: Sedari pagi hingga dini hari cerah berawan
  • Singaraja: Sedari pagi hingga malam hari cerah berawan dan hujan ringan pada dini hari
  • Tabanan: Sedari pagi hingga dini hari cerah berawan

Sebagai informasi tambahan, masyarakat yang ingin mengetahui update cuaca pada hari-hari tersebut bisa memantaunya dari media sosial, radio, serta aplikasi BMKG dan juga salah satu stasiun televisi.

“Untuk masyarakat agar selalu mengupdate informasi cuaca yang terbaru dari BMKG, dapat melalui media sosial kami di Instagram, aplikasi, atau bisa langsung menghubungi kami,” pungkasnya. *ris



Komentar