nusabali

ASN di Bangli Tunggu Tunjangan Cair

  • www.nusabali.com-asn-di-bangli-tunggu-tunjangan-cair

Tidak sedikit pegawai memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mengandalkan TPP. Karena gaji sudah habis untuk membayar cicilan utang

BANGLI, NusaBali
ASN di lingkungan Pemkab Bangli belum bisa menikmati tunjangan berupa Tambahan Perbaikan Penghasilan (TPP). Karena TPP belum cair akibat ada perubahan besaran TPP sehingga perlu pengisian data pada aplikasi. Salah seorang pegawai setempat mengaku belum menerima TPP untuk Januari dan Februari. Maret pun TPP tahun 2023 belum kunjung cair. "Jadi sudah dua bulan ini TPP belum cair," ungkapnya Minggu (19/3).

Kondisi ini menjadi perbincangan di kalangan para pegawai. Tidak sedikit pegawai memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mengandalkan TPP. Karena gaji sudah habis untuk membayar cicilan utang. "Ini kan mau hari raya, tentu pengeluaran juga semakin bertambah. Apalagi harga-harga kebutuhan pokok di pasar pasti naik," sebut pegawai tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Kabag Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Setda Bangli Ni Komang Purnama, saat dikonfirmasi, menampik terjadi keterlambatan pencairan TPP selama dua bulan. Dia menjelaskan, belum adanya pencarian TPP tahun 2023 karena ada perubahan besaran TPP yang diterima ASN, yakni naik 5 persen.

Diakui, TPP sudah berproses sejak pertengahan Januari 2023. Mulai dari update jabatan para pegawai yang naik pangkat, mengingat TPP tiap kelas jabatan berbeda nominal. Selain itu, kenaikan TPP perlu dibuatkan Perbup, yang perlu melalui proses harmonisasi di Kemenkumham hingga fasilitasi Biro Hukum Provinsi Bali.

Setelah semua lengkap baru, data tersebut baru diupload ke Sistem Informasi Monitoring dan Pelaksanaan Anggaran (SIMONA). "Jadi itu yang membuat agak lambat, karena kami perlu koordinasi dengan instansi lain," jelasnya.

Ditambahkan, saat ini TPP sudah berproses di Kementerian Dalam Negeri. "Kami sudah berupaya semaksimal mungkin. Harapan kami TPP bisa segera cair, kalau bisa sebelum hari raya Nyepi," ujarnya. *esa.

Komentar