nusabali

Desa Adat Dalem Setra Batunungul Melasti ke Pantai

  • www.nusabali.com-desa-adat-dalem-setra-batunungul-melasti-ke-pantai

SEMARAPURA, NusaBali
Desa Adat Dalem Setra Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung menggelar upacara melasti ke pantai, Redite Wage Uye, Minggu (19/3).

Bendesa Adat Dalem Setra Batununggul I Dewa Ketut Anom Astika mengatakan, melasti 'Ida Bhatara Mekobek' tidak ada pembatasan seperti saat pandemi Covid-19. “Semua pratima merajan, paibon, Pura Kahyangan Tiga, dan pelawatan Ida Bhatara secara bersamaan melasti di pantai utara Pura Dalem,” ujar Dewa Anom.

Dewa Anom menuturkan, kebetulan pujawali di Pura Dalem bersamaan dengan rangkaian Hari Raya Nyepi. Piodalan jatuh pada rahina Buda Kliwon Matal, Rabu (15/3) akan disineb saat pangrupukan siang. “Semoga piodalan maupun rangkaian penyepian tetap rahayu,” harap Dewa Anom. Anggota Polres Klungkung melaksanakan pengamanan di sejumlah pesisir pantai serangkaian melasti.

Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Ketut Suastika mengatakan, pengamanan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan upacara melasti ke pantai maupun para pengguna jalan. Anggota Polres Klungkung sudah diploting sesuai jalur yang dilalui para pamedek. Anggota juga disiagakan di lokasi kegiatan bersinergi dengan pecalang. “Kami selalu terjunkan personel untuk melakukan kegiatan masyarakat maupun kegiatan keagamaan yang melibatkan banyak orang untuk memastikan kegiatan berjalan aman dan lancar,” ujar Kompol Suastika. *wan

Komentar