nusabali

Transaksi Pembelian Produk Dalam Negeri Tembus Rp 36 T Dalam Sehari

  • www.nusabali.com-transaksi-pembelian-produk-dalam-negeri-tembus-rp-36-t-dalam-sehari

JAKARTA, NusaBali
Pelaksanaan Business Matching Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) 2023 menargetkan capaian realisasi pembelian Produk Dalam Negeri (PDN) minimal Rp 250 triliun.

Di hari pertama, telah tercatat transaksi pembelian PDN sebesar Rp 36,18 triliun. “Kami optimistis transaksi pembelian PDN dapat melampaui target Rp 250 triliun, mengingat potensi penyerapan anggaran Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah mencapai Rp 622,55 triliun,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulis, seperti dilansir detikcom, Jumat (17/3).

Pada kategori kementerian, peringkat pertama penyerapan komitmen PDN untuk sementara dipegang oleh Kementerian Pertahanan dengan angka Rp 7,36 triliun, dilanjutkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Rp 5,56 triliun, dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Rp 2,53 triliun.

Pada kategori pemerintah daerah, peringkat pertama penyerapan komitmen PDN dipegang oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan angka Rp 436 miliar, dilanjut Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 346 miliar dan Rp 258 miliar.

“Penyerapan komitmen PDN dapat dipantau secara actual time melalui situs lkpp.bigbox.co.id/public/page/id/860,” jelas Menperin.

Situs tersebut menunjukkan jenis pengadaan terbesar yang masuk dalam perencanaan belanja PDN oleh kategori kementerian adalah pekerjaan konstruksi dengan nilai Rp 171,68 triliun, diikuti belanja barang sebesar Rp 92,06 triliun, dan belanja jasa lainnya Rp 49,04 triliun.

Sedang pada perencanaan belanja PDN dalam kategori pemerintah daerah, pengadaan terbesar adalah pada pekerjaan konstruksi dengan nilai Rp 177,37 triliun. Kemudian belanja barang Rp 126,77 triliun, dan jasa lainnya Rp 63,55 triliun.

Seperti disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka Business Matching, Belanja PDN merupakan langkah strategis untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional dan mendukung daya saing industri di tanah air. Menurut Presiden, kunci pengoptimalan penggunaan anggaran bagi pembelian produk lokal adalah kedisiplinan implementasi dalam merealisasikan anggaran.

Sepanjang pelaksanaan Business Matching PDN 2023, para peserta dapat menyaksikan Pameran Produk Dalam Negeri di lokasi acara. Terdapat 108 perusahaan binaan Kemenperin yang memamerkan produk unggulan dalam negeri. *

Komentar