nusabali

Tenaga Kebersihan Dapat Paket Sembako

  • www.nusabali.com-tenaga-kebersihan-dapat-paket-sembako

AMLAPURA, NusaBali
529 tenaga kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karangasem mendapatkan bantuan sembako.

Bantuan ini serangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1945, Rabu (22/3). Bantuan dari DLH ini dibagi 25 rayon. Pembagian bantuan dipimpin Kepala DLH Karangasem I Nyoman Tari, di Taman Budaya Candra Buana Jalan Ngurah Rai Amlapura, Jumat (17/3). Tiap orang mendapatkan satu paket berisi 15 kg beras, 500 gram kopi, 1 kilogram gula pasir dan 1 liter minyak goreng. “Biaya pengadaan bantuan ini dari APBD Karangasem 2023,” jelas Nyoman Tari.

Sebagaimana diketahui, 529 tenaga kebersihan tersebut membersihkan sampah di Kota Amlapura dan sekitarnya. Selanjutnya, sampah diangkut untuk diolah di TPA Banjar Linggasana, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem.

Nyoman Tari menambahkan, bantuan sembako ini rutin setiap tahun jelang Nyepi. Bantuan ini untuk memotivasi petugas kebersihan agar lebih semangat dan optimal bertugas. Sebab, selama ini tenaga kebersihan bertugas tidak mengenal cuaca, baik saat cuaca terang maupun hujan.

Nyoman Tari mengaku, program pilah sampah berlaku secara permanen sejak 1 Juli 2023. Dengan itu, dia mengklaim petugas angkut sampah hanya mengangkut sampah yang telah terpilah. Selama Februari - Juni, masih tahap ujicoba, namun masyarakat mulai memilah sampah, sampah  organik dan anorganik.*k16

Komentar