nusabali

Sore Ini, Best of the Best Ogoh-Ogoh Kota Denpasar Diarak

  • www.nusabali.com-sore-ini-best-of-the-best-ogoh-ogoh-kota-denpasar-diarak

DENPASAR, NusaBali.com – Sore ini, Sabtu (18/3/2023) sekitar pukul 15.00 Wita, 12 besar ogoh-ogoh Kota Denpasar akan diarak dan dinilai untuk memegang takhta tiga terbaik dari yang terbaik.

Sejak Kamis (16/3/2023) malam, sekaa teruna yang karyanya berhasil lolos tiga besar di masing-masing kecamatan di Kota Denpasar sudah memindahkan ogoh-ogoh mereka ke areal Lapangan Puputan Badung.

Kedua belas ogoh-ogoh tersebut dipajang sepanjang hari Jumat (17/3/2023) atau hari pertama gelaran Kasanga Fest. Festival yang baru pertama kali digelar ini adalah besutan Pasikian Yowana Denpasar dan Sing Main Main dengan dukungan Pemkot Denpasar.

AA Made Angga Harta Yana, 27, Manggala Pasikian Yowana Denpasar menuturkan bahwa proses penilaian kedua belas karya terbaik sekaa teruna Kota Denpasar ini akan dibarengi parade. Parade atau pengarakan ogoh-ogoh akan dilaksanakan di kawasan Catur Muka.

“Ogoh-ogoh ini kan identik dengan ogah-ogah (digoyangkan) jadi selain penilaian tampilan dan lainnya, akan dinilai pula bagaimana karya ogoh-ogoh itu saat diarak,” tutur Gungde Angga ketika dijumpai di sela hari pertama Kasanga Fest.

Sementara itu, rute pengarakan dipastikan berlangsung di kawasan Jalan Udayana dan Jalan Gajah Mada. Di mana Catur Muka akan menjadi catus pata atau titik puncak pengarakan ogoh-ogoh.

Kedua lajur di area Makodam IX/Udayana dan Sekretariat Pemkot Denpasar itu bakal ditutup selama parade. Pengarakan kedua belas karya terbaik action figure raksasa ini diperkirakan berlangsung hingga pukul 18.00 Wita.

“Untuk tahun ini kami belum mengonsepkan secara detail pakem-pakem parade ogoh-ogoh. Jadi, kami bebaskan sekaa teruna berkreasi, apakah itu disertakan fragmen tari maupun elemen lainnya,” ujar Gungde Angga.

Selain menobatkan tiga ogoh-ogoh terbaik dari yang terbaik di Kota Denpasar, ada satu kategori lain yang disiapkan khusus serangkaian Kasanga Fest ini. Kategori tersebut adalah ‘Ogoh-ogoh ter-Sing Main Main’ yang disiapkan oleh brand besutan Go Andik.

Kata pendiri Sing Main Main yang bernama asli I Gede Andika Paramartha, pemenang dari kategori khusus ini ditentukan lewat vote terbanyak. Proses vote dilakukan lewat pembelian tiket di booth Bank BPD Bali.

“Kami sudah siapkan kategori spesial yaitu ‘Ogoh-ogoh ter-Sing Main Main’. Pemenangnya ditentukan lewat vote setelah menscan kode di tiket yang dibeli dari booth Bank BPD Bali,” imbuh Go Andik.

Di luar fokus utama yakni penentuan tiga juara ogoh-ogoh Kota Denpasar, ada pula selingan perlombaan ogoh-ogoh mini dan sketsa. Pemenang kedua lomba itu juga akan ditentukan pada Sabtu sore.

Manggala Pasikian Yowana Denpasar, Gungde Angga mengajak masyarakat Kota Denpasar dan sekitarnya untuk ikut meramaikan puncak acara Kasanga Fest. Sebab, acara ini disebut momen langka yang hanya dapat dijumpai satu tahun sekali.

“Masyarakat Kota Denpasar dan Bali, mari ramaikan Kasanga Fest besok (hari ini) karena ini momen langka. Kota Denpasar adalah barometer ogoh-ogoh, saksikan penampilan karya-karya terbaik,” tandas Gungde Angga. *rat

Komentar