nusabali

Siswa SDN 5 Sukasada Dilatih Jurnalistik

  • www.nusabali.com-siswa-sdn-5-sukasada-dilatih-jurnalistik

SINGARAJA, NusaBali
Untuk melatih nalar kritis peserta didik saat proses belajar mengajar, puluhan siswa SDN 5 Sukasada mengikuti pelatihan jurnalistik.

Pelatihan ini diberikan dan diinisiasi sekolah juga bertujuan untuk penguatan profil pelajar Pancasila dalam penerapan kurikulum merdeka belajar. Pelatihan sehari, Kamis (16/3), difasilitasi oleh Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Kominfo Santi) Buleleng. Kepala SDN 5 Sukasada Luh Kutariani mengatakan pelatihan jurnalistik ini diinisiasi sebagai gebrakan Sekolah Penggerak di Buleleng.

Pelatihan ini disebutnya berkaitan dengan program sekolah, membentuk program gaya hidup berkelanjutan memerangi sampah bersama wartawan cilik. Pola jurnalistik yang sudah tertanam di pemahaman peserta didik pun diharapkan dapat berdampak pada keaktifan proses belajar mengajar di sekolah.

“Harapan kami di sekolah setelah pelatihan ini dapat meningkatkan daya tarik dari siswa dengan dunia jurnalistik. Yang secara tidak langsung nanti dapat meningkatkan kemampuan berinteraksi dari siswa itu sendiri,” ucap Kutariani.

Dia pun menyebut sekolah dapat mencetak jurnalis cilik yang akan membantu sekolah memberikan informasi dan menggerakkan warga sekolah dalam mengelola sampah di lingkungan.

Seorang peserta pelatihan Ayu Winda mengaku sangat senang mendapatkan pelatihan tentang jurnalistik. “Saya merasa senang mendapat pengetahuan tentang bagaimana cara bertanya, bagaimana menyusun pertanyaan dan juga keberanian untuk bertanya untuk mendapatkan data atau informasi,” terang Ayu Winda.

Sementara itu pembukaan pelatihan jurnalistik dibuka langsung Kepala Dinas Kominfo Santi Buleleng Ketut Suwarmawan. Sedangkan materi dasar sederhana terkait jurnalistik dipaparkan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfosanti Buleleng I Putu Suryada Shanti. *k23

Komentar