nusabali

DPRD Gianyar Apresiasi Program Disnaker

  • www.nusabali.com-dprd-gianyar-apresiasi-program-disnaker

GIANYAR, NusaBali
Ketua Fraksi PDIP Kabupaten Gianyar I Ketut Sudarsana bersama perwakilan anggota DPRD Gianyar mengunjungi UPTD BLK Agrobisnis dan Industri Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Gianyar, Kamis (16/3).

Rombongan diterima langsung Kadisnaker Gianyar, Ida Ayu Ketut Surya Adnyani, beserta jajarannya. Anggota DPRD Gianyar melakukan kunjungan kerja untuk mengetahui secara langsung pelatihan berbasis kompetensi non boarding program tata rias dan barista. Anggota Dewan mengapresiasi program pelatihan yang telah dilaksanakan oleh Disnaker Gianyar.

Ketut Sudarsana mengatakan, kunjungan ini sebagai dukungan dan mengapresiasi kegiatan pelatihan yang sudah digelar oleh BLK Gianyar. Dampaknya luar biasa bagi para pencari kerja guna meningkatkan kemampuan agar dapat bersaing di dunia kerja. “Kegiatan yang digagas BLK Disnaker Gianyar sangat bermanfaat dalam menciptakan tenaga kerja yang profesional, tangguh, dan siap kerja,” kata Ketut Sudarsana. Selama pelatihan, peserta ditempa dan mendapatkan uji kompetensi. Disnaker didorong melakukan pendampingan agar calon pekerja migran Indonesia (CPMI) tidak terjebak urusan ilegal.

Kadisnaker Gianyar, Ida Ayu Ketut Surya Adnyani menyampaikan terimakasih atas kunjungan anggota DPRD Gianyar. Dijelaskan, program pelatihan upgrade skill merupakan salah satu program Disnaker dalam meningkatkan ketrampilan dan mengatasi pengangguran. Program ini menggandeng Bank Daerah Gianyar dalam permodalan untuk mendukung lahirnya interpreneur muda. Tahun 2023, UPTD BLK Disnaker Gianyar punya 12 paket pelatihan. Terdiri dari pelatihan berbasis kompetensi mobile training unit (MTU), pembuatan roti dan kue, pelatihan berbasis kompetensi non boarding program tata rias dan barista.

“Melihat minat dan antusias terhadap pelatihan barista, kami membuka tiga angkatan. Angkatan pertama diikuti 16 peserta,” kata Surya Adnyani. Disnaker juga mendorong perusahaan-perusahaan di Gianyar mempekerjakan para penyandang disabilitas. Salah satunya MoU dengan PT Mitra Prodin. “Pemkab Gianyar juga sudah mempekerjakan para penyandang disabilitas,” jelas Surya Adnyani. *nvi

Komentar