nusabali

Klungkung Ikuti Penilaian Tahap II

Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-klungkung-ikuti-penilaian-tahap-ii

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung terpilih sebagai kabupaten yang melaju ke tahap II penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023 Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia di Ruang Meeting Milana, Maia Hotel, Jakarta, Rabu (15/3).

Penilaian dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta, Sekda I Gede Putu Winastra, dan lainnya.

Penilaian tahap II merupakan presentasi dan wawancara. Klungkung melaju ke penilaian tahap II tingkat nasional karena juara pertama di Provinsi Bali. Bupati Suwirta menjelaskan, upaya penanggulangan kemiskinan dengan update data sasaran dengan program bedah desa. Melakukan verifikasi dan validasi data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dan Klungkung dalam genggaman.  Pemberdayaan masyarakat dengan pelatihan life skills, pelatihan, dan pengiriman tenaga kerja produktif dari keluarga miskin ke luar negeri (Beri Aku Kail Bukan Ikan), pengembangan hidroponik bagi RTS dan Uyah Kusamba.

“Perencanaan yang akurat berdasarkan fakta di lapangan dengan program bedah desa, berkolaborasi dengan seluruh stakeholder. Perencanaan yang akurat merupakan kesuksesan dalam pembangunan,” ujar Bupati Suwirta. Bantuan dan perlindungan sosial berupa bedah dan rehab rumah tidak layak huni. Universal Health Coverage (UHC) beasiswa siswa dari keluarga miskin, bantuan kebutuhan hidup (sembako, kursi roda, dll). “Penilaian ini menjadi wadah bagi pemerintah daerah untuk memperkenalkan hasil inovasi unggulan daerah, baik berupa inovasi perencanaan maupun inovasi pelaksanaan pembangunan. Semoga Klungkung lolos ke tahap berikutnya” harap Bupati asal Nusa Ceningan, Kecamatan Nusa Penida ini.

Tim Penilai Utama (TPU), Mohammad Roudo mengatakan, penilaian tahap II presentasi dan wawancara untuk mendapatkan informasi dan konfirmasi dari instansi perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) terkait pencapaian, kualitas, proses penyusunan dokumen, dan inovasi daerah. “Penghargaan Pembangunan Daerah merupakan evaluasi pembangunan daerah secara kreatif dan komprehensif melalui tiga tahap yaitu penilaian dokumen, presentasi dan wawancara, serta verifikasi,” jelas Mohammad Roudo. *wan

Komentar