nusabali

Rumah di Ringdikit Sengaja Dibakar

  • www.nusabali.com-rumah-di-ringdikit-sengaja-dibakar

Pelaku yang diduga membakar rumah tersebut masih diburu kendati penyelidikan masih terkendala minimnya saksi.

SINGARAJA, NusaBali

Hasil uji laboratorium forensik (Labfor) Polda Bali menyatakan rumah milik warga bernama Kadek Yudiawan, 33, di Banjar Dinas Kelodan, Desa Ringdikit, Kecamatan Seririt, Buleleng, diduga dibakar dengan sengaja. Polisi menemukan bekas cairan bahan bakar yang diduga sengaja disiram di lokasi titik awal api.

Kasi Humas Polres Buleleng, AKP Gede Sumarjaya mengatakan polisi menemukan unsur kesengajaan dalam insiden kebakaran yang terjadi pada Rabu (8/2) lalu itu. Kini polisi tengah memburu pelaku yang diduga membakar rumah tersebut. Hanya saja, penyelidikan masih terkendala minimnya saksi yang mengetahui kejadian tersebut.

"Hasil Labfor Polda Bali, kebakaran tersebut terjadi akibat orang lain atau ada orang yang melakukan pembakaran. Tim menemukan kandungan hidrokarbon yang muncul dari reaksi bahan bakar jenis pertalite. Bahan bakar itu disiram di material bambu di depan rumah korban. Kemudian api disulut dengan nyala terbuka," jelasnya, dikonfirmasi Rabu (15/3) siang.

Temuan hasil uji laboratorium forensik tersebut mendukung pernyataan korban Kadek Yudiawan yang sebelumnya mengaku mencium aroma cairan bahan bakar sebelum rumahnya terbakar. Hanya saja, korban saat itu tengah menonton televisi di ruang tengah sehingga tak menyadari perbuatan pelaku.

"Korban tidak sempat melihat (pelaku). Saat itu yang (korban) menonton televisi dan mencium aroma seperti bensin dan tiba-tiba sudah ada nyala api dan rumahnya terbakar. Api berasal dari pintu teras rumah korban yang terbuat dari bambu dan kayu," ujar AKP Sumarjaya.

Setelah mengantongi hasil uji laboratorium tersebut, penyidik kini mempertajam penyelidikan kasus tersebut untuk menemukan pelaku. Hanya saja, penyelidikan terkendala minimnya saksi yang mengetahui peristiwa, serta tak ada CCTV di sekitar lokasi kejadian. Polisi pun meminta masyarakat menginformasikan jika ada yang mengetahui insiden itu.

"Selanjutnya penyelidikan dipertajam untuk mencari orang yang melakukan perbuatan itu. Menggali kembali keterangan korban, dengan saksi fakta lainnya. Diharapkan kepada masyarakat di wilayah sekitar, bila melihat kejadian tersebut mohon bantuan memberikan keterangan kepada pihak berwajib untuk mempercepat pengungkapan peristiwa kebakaran ini," tambahnya.*mz

Komentar