nusabali

Fasilitasi Warga Binaan Nyoblos di Pemilu 2024

Kalapas Tabanan Serahkan 129 Daftar Pemilih ke KPU

  • www.nusabali.com-fasilitasi-warga-binaan-nyoblos-di-pemilu-2024

TABANAN, NusaBali
Lembaga pemasyarakatan (lapas) Kabupaten Tabanan serius menghadapi pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Kalapas Tabanan Heri Aris Susila menyerahkan129 nama warga binaan Lapas Tabanan, untuk diikutkan dalam proses pemutakhirkan data pemilih oleh KPU Tabanan.

Nama yang diserahkan itu langsung diterima Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa di Lapas Tabanan, Selasa (14/3).  Kalapas Aris Susila mengatakan, pihaknya siap mendukung dan menyukseskan pemilu 2024 termasuk proses pemutakhiran data pemilih di Lapas Tabanan. “Penyerahan data pemilih Lapas hari ini (kemarin, red), sebagai bukti keseriusan kami dalam ikut menyukseskan Pemilu 2024 mendatang,” ujar Kalapas Aris Susila.

Dia juga menegaskan, siap membantu dan memfasilitasi KPU dalam setiap tahapan Pemilu 2024 yang saat ini memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih. Sebab kegiatan ini selaras dengan arahan Kemenkumham terkait rencana pendirian TPS (Tempat Pemungutan Suara) Khusus di Lapas Tabanan.

“Ini sebagai upaya kita dalam menjaga dan melindungi hak pilih setiap warga negara, termasuk penghuni Lapas Tabanan, agar hak pilihnya sebagai warga negara tetap terjaga,” tegas Aris Susila.

Sedangkan terkait jumlah Pemilih Lapas yang diserahkan ke KPU Tabanan, tercatat 129 pemilih yang dipastikan akan berada di Lapas Tabanan hingga 14 Pebruari 2024 mendatang. Mereka dipastikan terfasilitasi dalam menyalurkan hak pilih.

Sementara Ketua KPU Tabanan, Weda Subawa didampingi Kasubag Perencanaan Data dan Informasi, Putu Eviyanti Dewi Lestari menyatakan apresiasi kepada Lapas Tabanan, yang dengan sigap membantu proses pemutakhiran data pemilih, khususnya TPS Khusus yang akan di bentuk di Lapas Tabanan.

Kata Weda, sesuai surat dinas KPU RI nomor 56/TIK.02-SD/14/2023 tentang Persiapan Penyusunan Daftar Pemilih di lokasi khusus Pemilu 2024 pihaknya melakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk Lapas Tabanan, untuk menyusun daftar pemilih di Lokasi Khusus.

“Setelah kami terima daftar pemilih ini, selanjutnya kami akan bersurat ke KPU Provinsi yang diteruskan ke KPU RI untuk permohonan TPS Khusus di Lapas Tabanan,” tandas Weda Subawa. *des

Komentar