nusabali

Walikota Jaya Negara: Tentukan Program Prioritas Melalui Musrenbang RKPD

  • www.nusabali.com-walikota-jaya-negara-tentukan-program-prioritas-melalui-musrenbang-rkpd

DENPASAR, NusaBali
Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Denpasar menjadi ajang untuk mencari dan menentukan program prioritas dari berbagai usulan kegiatan yang disampaikan organisasi perangkat daerah (OPD).

“Dengan Musrenbang RKPD ini bisa dicari mana program prioritas yang harus diutamakan dan mana bisa ditunda sementara waktu,” kata Walikota Jaya Negara saat membuka Musrenbang RKPD Tahun 2024 Kota Denpasar, di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar Utara, Selasa (14/3).

Apalagi, ujar dia, ke depan banyak tantangan yang harus dihadapi seperti perbaikan infrastruktur, penerangan jalan, penataan kabel-kabel, sampah, dan lain-lain.

Walikota Jaya Negara menambahkan, sesuai dengan data dari panitia, usulan rancangan anggaran 2024 tembus sampai dengan nominal Rp 4,27 triliun lebih, sedangkan kemampuan APBD Kota Denpasar yang normal rata-rata hanya Rp 2,2 triliun.

Untuk itu artinya ada penyisiran kembali mana yang benar-benar prioritas yang harus dilaksanakan dan mana bisa ditunda sementara waktu.

“Dalam proses perencanaan APBD dalam dua tahun ini, saya dari awal membahas program-program yang diusulkan. Hal ini kami lakukan adalah ingin mempelajari apa saja kegiatan strategis yang ada di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD),” ucapnya.

Dengan demikian, nantinya bisa tahu semua kegiatan apa saja yang mendukung pembangunan di Kota Denpasar secara lebih detail dalam satu dokumen.

“Dengan pola seperti ini kami jadi tahu indikator capaian apa saja di setiap OPD yang sudah terlaksana sesuai dengan visi misi Kota Denpasar, dan mana prioritas program yang harus terlebih dahulu diutamakan demi kepentingan masyarakat,” kata Walikota Jaya Negara.

Diakuinya, walaupun kemampuan APBD yang terbatas, tetapi dengan semangat serta inovasi di tahun 2022 banyak juga prestasi yang diraih Pemkot Denpasar di tingkat nasional melalui kinerja OPD.

“Untuk itu saya sangat mengapresiasi para OPD dengan terbatasnya anggaran yang ada bisa mencapai prestasi capaian yang tinggi. Semoga tantangan yang berat ini bisa kita lewati dengan baik,” tandasnya.

Ketua Panitia Musrenbang yang juga Sekretaris Bappeda Kota Denpasar Luh Nyoman Rai Suryathi, mengatakan tahapan penyusunan perencanaan yang telah dilaksanakan dimulai dari Musrenbang di tingkat desa/kelurahan pada September – Oktober 2022.

Kemudian dilanjutkan dengan Musrenbang tingkat kecamatan dari pada 24 – 27 Januari 2023. Pada 3 Februari 2023 dilaksanakan Forum Konsultasi Publik, pada 13 Februari – 3 Maret 2023 dilaksanakan Forum Perangkat Daerah dan selanjutnya dari 14–16 Maret 2023 merupakan tahapan pelaksanaan Musrenbang RKPD.

Jumlah usulan kegiatan yang telah disampaikan oleh seluruh OPD Kota Denpasar untuk 2024, sebanyak 180 program yang dituangkan kedalam 433 kegiatan dan 1.085 sub kegiatan, dengan total nilai usulan sebesar Rp 4.279.812.415.510.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Kepala Bappeda Denpasar I Putu Wisnu Wijaya Kusuma, dan unsur perwakilan Forkopimda Kota Denpasar, Kelompok Ahli Pembangunan Kota Denpasar, akademisi, dan seluruh OPD Pemkot Denpasar. *mis

Komentar