nusabali

IRC dan HPCI Bali Kampanyekan 'Sayangi Bumi, Kurangi Plastik'

  • www.nusabali.com-irc-dan-hpci-bali-kampanyekan-sayangi-bumi-kurangi-plastik

MANGUPURA, NusaBali.com - Meskipun terjangan angin barat sudah berlalu, namun kebersihan pantai masih menjadi isu utama di Pulau Dewata. Pasalnya, pantai adalah cermin dan menunjukkan citra pariwisata Bali.

Semangat menjaga citra pariwisata Bali inilah yang ditunjukkan oleh komunitas motor Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Bali Chapter. Komunitas motor matic Honda ini digandeng PT Gajah Tunggal Tbk (IRC Tire) dalam kegiatan yang dilangsungkan pada Sabtu (11/3/2023). 

Isu lingkungan bersih dan bebas sampah plastik menjadi tema kegiatan di Pantai Kuta yang menjadi ikon pariwisata Bali, dan sangat pas dengan mulai bangkitnya pariwisata di Pulau Dewata. 

 "Dengan adanya acara seperti bersih-bersih pantai kita pastinya sadar dengan lingkungan sekitar. Jadi tema Lindungi Bumi Kurangi Plastik sangat bagus kita dukung kegiatan positif seperti ini," kata Ketua HPCI Bali Chapter, Dio Ilham Prayoga. 

Sementara itu Senior Brand Executive PT Gajah Tunggal Tbk, Dodiyanto, mengatakan jika kampanye lingkungan ini digalakkan melalui tagar #IRCPeduliBumi dengan mengangkat tema Lindungi Bumi Kurangi Sampah Plastik. "Kampanye ini mulai kami seruan di awal 2023," kata Dodiyanto. 

Sampah plastik disebut menjadi problem di semus wilayah, apalagi Bali menjadi daerah tujuan wisata, sudah semestinya ada perhatian lebih dalam hal penanganan timbulan sampah plastik. 

Aksi bersih-bersih pantai dan campaign ini menurut Dodi, sejalan dengan produk yang dirilis, yakni, ban IRC dan Zeneos sudah tanpa pembungkus plastik semua.

"Dulu kan masih pakai wrapping pembungkus (ban nya dibungkus dengan plastik) sekarang ban IRC dan Zeneos tanpa bungkus. Sejalan dengan itu kita melakukan champaign dengan teman-teman komunitas terutama komunitas motor karena bagaimanapun juga mereka pengguna produk kami," ujar Dodi.

Kini semua jenis ban IRC termasuk jenis tube type dan ban Zeneos sudah menerapkan hal yang sama.

Tidak hanya untuk produk ban sepeda motor, tetapi produk ban mobil penumpang yakni GT Radial sudah terlebih dahulu menerapkan kebijakan tanpa pembungkus plastik. 

Meskipun tidak lagi menggunakan lapisan pembungkus, hal ini diklaim tidak memengaruhi performa ban saat digunakan. 

Setelah Bali, kampanye lingkungan ini juga akan disambung ke berbagai kota di Indonesia demi masa depan anak bangsa.

Pada hari yang sama dirangkaikan juga event IRC Retailer Gathering yang dihadiri para penyalur ban IRC area Bali, pada kesempatan ini juga pihak IRC melalukan campaign 'Sayangi Bumi, Kurangi Plastik.'

Komentar