nusabali

Tingkatkan Keahlian, Pelaku UMKM Dilatih

  • www.nusabali.com-tingkatkan-keahlian-pelaku-umkm-dilatih

BANGLI, NusaBali
Rumah BUMN Bangli menggelar pelatihan pembuatan kue dan snack, Senin (13/3).

Pelatihan diikuti para pelaku usaha kerajinan dan fashion. Dengan pelatihan ini, para pelaku UMKM diharapkan memiliki ragam keahlian. Menurut Fasilitator Rumah BUMN Bangli Ni Wayan Mardiani, keberadaan rumah BUMN untuk turut mengembangkan UMKM. Pelbagai program dilakukan untuk mendukung para UMKM. Kali ini digelar pelatihan technical skill yang meliputi pelatihan pembuatan kue dan snack. "Pelatihan diikuti pelaku UMKM yang mengeluti bidang kerajinan dan fashion. Peserta dari Bangli dan beberapa UMKM dari Klungkung. Ada sekitar 20 UMKM yang mengikuti pelatihan ini," jelasnya.

Mardiani menyebutkan melalui pelatihan pelaku UMKM ini tidak hanya memiliki satu skill tetapi lebih. Pelatihan juga sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi resesi. Ketika satu usaha tidak bisa berjalan, maka bisa dimanfaatkan memanfaatkan skil yang lain. "Mungkin tadinya hanya menggeluti kerajinan nanti bisa berkembang ke usaha makanan," ujarnya.

Saat ini, jelasnya, fokus pembuatan kue, mengingat kebutuhan kue cukup tinggi. Terutama untuk pekerluan upacara. Ditambahkan, kegiatan akan dilaksanakan secara berkelanjutan. "Rumah BUMN juga mendukung untuk kegiatan permodalan berupa dana bergulir. Selain itu juga mendukung untuk kegiatan promosi," sambungnya.

Salah seorang peserta, Raka Santhi Harmini mengatakan dengan kegiatan ini pihaknya bersama pelaku UMKM lainnya bisa mendapatkan tambahan skill. Ia pun berharap bisa ada lagi kegiatan positif seperti ini. "Kegiatan ini sangat bagus untuk kami para pelaku UMKM. Kegiatan positif ini agar berkelanjutan," ungkapnya.*esa

Komentar